Menaker di Surabaya: Pengangguran Terbuka Didominasi Lulusan SMK dan Sarjana

Menaker Ida Fauziyah saat kunjungan kerja di Surabaya.
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyebut pengangguran di Indonesia menurun menjadi 7,86 juta orang. Dan angka tersebut justru didominasi oleh lulusan SMA, SMK, Diploma dan Sarjana ketimbang lulusan SMP dan SD.

Komisi IX DPR RI Minta Menaker Cairkan THR Swasta Paling Lambat H-14 Lebaran

Rinciannya, pengangguran berlatar pendidikan SMA sebesar 17,46 persen. Lalu sarjana strata satu dan diploma menyumbang 10,07 persen pengangguran. Sedangkan SMP sebesar 4,78 persen serta SD hanya 2,5 persen.

Menurutnya, penyebab lulusan SMA, SMK, Diploma dan Sarjana mendominasi jumlah pengangguran di negeri ini lantaran tidak adanya link and match.

Dana Rp12,5 Triliun Digelontorkan Raja Salman untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

"Pendidikan dan pelatihan vokasi tidak mampu menjawab kebutuhan pasar kerja. Supply dan demandnya tidak nyambung," kata Ida Fauziyah saat menghadiri acara Menaker Talks di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), Jumat 22 Desember 2023.

Untuk itu ia menyampaikan, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Perpres Nomor 69 Tahun 2022, yang mengatur mengenai revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi. Karena menurut dia, dunia usaha saat ini banyak menyasar generasi angkatan kerja yang telah memiliki keterampilan di sekolah-sekolah kejuruan.

Menaker Hadiri Groundbreaking Pembangunan SMK Asy-Syarif Mitra Industri di Mojokerto

"Jadi pendidikan harus berorientasi dengan kebutuhan dunia kerja. Kami menyebutnya sebagai Perpres Kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri," tandasnya.

Untuk diketahui, Kementerian Ketenagakerjaan menggelar dialog bersama Menteri Ida Fauziyah, bertemakan building work ethics and creative mindset (membangun etika kerja dan berfikir kreatif) di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), Jumat 22 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title