Duh! Jalan Akses Dua Kecamatan di Mojokerto Ambles Sedalam 3 Meter

Penampakan Jalan di Mojokerto Ambles Sedalam 3 Meter
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Mojokerto, VIVA Jatim – Sebagian jalan alternatif dari Kecamatan Jatirejo ke arah Dlanggu, tepatnya di Dusun Sumberaji, Desa Karangjeruk, Jatirejo, Mojokerto, ambles. Ruas jalan cor itu ambles dengan kedalaman sekitar 3 meter. 

Amblesnya jalan tersebut menyebabkan satu lajur jalan tak bisa dilewati. Walhasil, pengendara dari arah Jatirejo maupun Dlanggu mesti bergantian lewat lajur sebelahnya. Guna mencegah pengendara terperosok, ruas jalan yang ambles itu sudah diberi garis pembatas dan ditutupi bambu.

Dipermukaan, jalan yang ambles luasnya 5 x 4 meter dengan kedalaman amblesnya sekitar 3 meter dari dasar sungai 

Tokoh masyarakat Desa Karangjeruk, Sodi mengatakan, ruas jalan tersebut ambles usai dilewati dump truk pada Kamis, 19 September 2024 sekitar pukul 12.00 WIB. Ketika itu dump truk bermuatan batu tensla. Beruntungnya, truk tak sampai terperosok

“Waktu itu ada truk muatan batu tensla. Untungnya, pada waktu itu truk jalannya kencang, akhirnya lolos,” katanya kepada wartawan, Kamis, 19 September 2024. 

Sudi menjelaskan, jalan yang ambles diperkirakan berukuran 5 x 4 meter persegi dengan kedalaman amblesan sekitar 3 meter. Sementara, ruas jalan ini memiliki lebar 6 meter. 

Menurutnya, amblesnya jalan Dusun Sumberaji ini bukan hanya karena dilewati dump truk. Namun , juga dampak dari kontruksi gorong-gorong dibawahnya tak mampu menyangga beban jalan. Sehingga gorong-gorong yang terbuat dari batu bata itu pecah.