Pemberitaan Media Soal Pilkada Efektif Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Tulungagung

Suasana Sosialisasi Peran Media dalam Pilkada Tulungagung.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA JatimKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tulungagung menggelar sosialisasi 'Peran Media dalam Mendorong Peningkatan Partisipasi Masyarakat di Pilkada Tulungagung'.

Ketua KPU Tulungagung, Lutfi Burhani mengungkapkan bahwa peran media adalah sebagai penyampai informasi kepada masyarakat. Artinya tahapan yang dilakukan oleh KPU Tulungagung bisa lebih efektif sampai ke tataran bawah.

"Ini akan bisa maksimal tersampaikan ke masyarakat apabila peran media menjadi peran utama dalam menyampaikan informasi terkait apa yang sudah dilakukan KPU," beber Lutfi Burhani, Jum'at 11 Oktober 2024 di Sekretariat PWI Tulungagung.

Dirinya mengaku sementara ini partisipasi masyarakat sekitar 50 persen dari beberapa informasi. Oleh sebab itu, KPU Tulungagung memiliki komitmen bersama agar terus meningkat partisipasi dari hari ke hari sampai hari pencoblosan 27 November 2024.

"Kita punya keyakinan bersama mengingatkan masyarakat agar partisipasi minimal seperti pemilu 80 persen sekian," ujarnya.

Burhan menambahkan posisi media sangat efektif dan sangat penting, bahwa apa yang disampaikan oleh media maupun apa yang diberitakan oleh media ini akan menjadi bahan diskusi kecil di masyarakat.

"Akan memberikan pemahaman masyarakat bahwa ini Pilkada penting, harus kita sokong," jelasnya.