Dibaiat Kiai Marzuki, Ustaz Hanan Attaki: Benar-benar Aswaja Tulen Asli

Momen Ustaz Hanan Attaki Dibaiat Kiai Marzuki
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Pendakwah milenial dengan gaya khas berpenampilan nyentrik, Ustadz Hanan Attaki (UHA) resmi dibaiat KH Marzuki Mustamar. UHA dibaiat menerima sistem bernegara dan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah.

UHA setelah dibaiat Kiai Marzuki menyelipkan harapan, dengan ia belajar mulazamah mengikuti apa yang diajarkan kiai Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang, UHA mendapatkan ilmu hikmah yang selama ini belum mengerti.

"Sehingga akhirnya insyaallah dengan berguru langsung kepada beliau, saya benar-benar menjadi seorang Ahlussunnah Wal Jamaah yang tulen yang asli dan benar," ungkap Ustadz Hanan Attaki dikutip melalui Youtube PonpesgasekTV, Jum'at 12 Mei 2023.

Pendakwah asal Aceh yang mengeyam pendidikan di Universitas Al-Azhar ini menuturkan, satu cerita tentang ilmu yang didapatkan dari para ulama. Ilmu tersebut didapat bukan hanya dengan cara dipelajari dengan cara mendengar, merekam atau mencatat.

Akan tetapi, menurutnya ada satu rahasia ilmu yang luar biasa yang bisa didapatkan dari para ulama. Hal itu diajarkan di pondok pesantren yang ada di Indonesia secara turun temurun hingga saat ini.

"Ketika masih di Aceh Saya belajar di Pondok Pesantren Salafiyah. Salafiyah adalah pondok Ahlussunnah Wal Jamaah, lalu di Mesir juga merupakan salah satu negara dengan mazhab paling populer Mazhab Syafi'i," bebernya.

UHA menambahkan, di kampusnya Al-Azhar menggunakan Manhaj atau Aqidah Syafi'i. Sementara tasawufnya terutama mayoritas Syadziliyyah dan Ghozaliyah. Namun, saat dirinya pulang ke Indonesia, justru ia mengaku menjadi korban dari dua pihak.