Meski Dihantam Serangan Bertubi-tubi, Belanda Tetap Taklukkan Senegal

Timnas Belanda saat meraih gol kedua pada menit-menit akhir
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jatim – Pada laga grub B, Timnas Senegal vs Belanda merumput di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar. Kedua tim ini berlaga pada Senin malam, 21 November 2022 pukul 23.00 WIB.

Sejak awal pertandingan dimulai, di luar dugaan, rupanya Senegal terus-menerus memberikan serangan kepada Belanda. Padahal sebelumnya diprediksi permainan Senegal di lapangan tidak akan sempurna tanpa kehadiran Sadio Mane.

Belanda yang selalu menjadikan umpan-umpan pendek sebagai andalan rupanya disikapi dengan permainan serangan balik cepat oleh Senegal. Keduanya pun bermain sangat alot hingga akhir babak pertama.

Serangan bertubi-tubi terus digencarkan oleh Senegal menembus pertahanan Belanda. Tentu peluang menguasai bola sangat mudah bagi Senegal, sebab Belanda selalu menjadikan umpan-umpan pendek sebagai andalan permainan mereka. Belanda pun tidak begitu banyak mengkreasikan permainannya karena acap kali dipatahkan di tengah jalan oleh Senegal. Tak jarang pula serangan balik Senegal mengancam gawang Belanda.

Untungnya, pemain belakang Belanda, yakni Virgil van Dijk, Matthijs de Ligt dan Nathan Ake masih bisa diandalkan. Mereka benar-benar menjadi benteng pertahanan sehingga masih bisa meredam serangan dari Senegal yang terus mencecar.

Pertahanan kuat yang dimiliki Belanda, membuat Senegal tak mampu menaklukkan De Orange. Hingga di akhir babak pertama keduanya masih nihil gol.

Pada babak kedua, rupanya Belanda mulai menerapkan strategi anyar. Ia Nampak lebih sabar menghadapi Senegal yang terus mencecar serangan ke gawang. Sehingga pada menit-menit awal babak kedua, tim asuhan Louls van Gaal ini lebih banyak melakukan penguasaan bola.

Fokus pada penguasaan bola, membuat Belanda lebih mudah meredam serangan Senegal dimana pada babak pertama sebelumnya sering kali membuat Belanda kesulitan.

Namun belakangan Senegal berhasil mengacaukan permainan Belanda dengan menerapkan pressing ketat. Dan itu berhasil membuat Belanda kembali mendapatkan tekanan.

Nasib baik rupanya tak berpihak kepada Senegal. Peluang yang didapatkan di area pertahanan Belanda pada menit 73 dan 76 gagal membuahkan gol.

Tak lama kemudian, tepatnya pada menit 84 kesabaran Belanda yang terus dipupuk sejak babak kedua dimulai akhirnya membuahkan hasil. Sebuah umpan silang dari Frenkie de Jong diteruskan dengan sudulan Cody Gakpo berhasil membobol gawang Senegal.

Belanda pun memilih untuk merapatkan barisan pertahanan. Hingga di menit-menit akhir pertandingan Belanda kembali membobol gawang Senegal melalui serangan balik. Akhirnya Belanda unggul dengan skor 2-0 berkat gol Davy Klaassen.

Hari Ini Timnas Indonesia bakal Hadapi UEA, Rencana STY pun Matang