Publik Sayangkan Pertandingan Indonesia U-23 vs Guinea U-23 tidak Menggunakan VAR

Pertandingan Indonesia U-23 vs Guinea U-23
Sumber :
  • Viva

Perancis, VIVA Jatim – Pertandingan play-off Olimpiade 2024 Paris antara Indonesia U-23 vs Guinea U-23 telah berlangsung di Clairefontain, Prancis pada Kamis malam WIB 9 Mei 2024. Namun ada satu hal yang disayangkan oleh publik Indonesia. Yakni tidak adanya penggunaan video assistant referee (VAR).

Tiba di Indonesia, Shin Tae-yong Masih Terngiang Dosa Wasit saat Lawan Guinea U-23

Diketahui, Indonesia U-23 menelan kekalahan 0-1. Tiket untuk mentas di ajang olahraga paling bergengsi di dunia belum berhasil direbut oleh anak asuh Shin Tae-yong.

Publik Indonesia di media sosial menyayangkan kepemimpinan wasit Francois Letexier. Dia memberi hukuman penalti yang kontroversial kepada Garuda Muda. Penalti kontroversial itu terjadi pada menit 28. Di mana Witan Sulaeman menjatuhkan pemain Guinea U-23 ketika coba mengadang serangan balik cepat. 

Lewat Penalti, Guinea Bobol Gawang Timnas Indonesia

Dari rekaman video yang beredar, terlihat pelanggaran yang dilakukan oleh Witan Sulaeman terjadi di luar kotak penalti. Cuma saja tubuh pemain Guinea U-23 yang terguling hingga dalam kotak penalti.

Wasit tak bisa dengan jeli memperhatikan momen pelanggaran tersebut karena VAR tidak digunakan dalam pertandingan ini.

Timnas Indonesia Melawan Guinea tanpa Elkan Baggott, Begini Respon Mengejutkan Shin Tae-yong

Namun Shin Tae-yong yang berada di tepi lapangan nampak sudah menyadari akan titik pelanggaran Witan. Ketika Guinea U-23 mencetak gol lewat eksekusi Ilaix Moriba, dia melakukan protes kepada wasit keempat.

Juru taktik asal Korea Selatan itu keberatan dengan keputusan wasit memberi hukuman penalti kepada Indonesia U-23. Namun, keputusan wasit tetap tak bisa diubah.

Halaman Selanjutnya
img_title