Terungkap Wasit yang Mundur dari Liga Primer, Ternyata 2 Kali Salah Ambil Keputusan

Wasit Liga Primer, Lee Mason
Wasit Liga Primer, Lee Mason
Sumber :
  • Viva

Jatim – Ternyata ada Cerita di balik Gagalnya Arsenal memetik kemenangan dalam lanjutan Premier League, Sabtu 11 Februari 2023 lalu. 

Kala itu The Gunners bermain imbang 1-1 kontra Brentford.  Badan Wasit Premier League (PGMOL) mengonfirmasi, Lee Mason telah mundur sebagai wasit Liga Primer menyusul kesalahannya yang membuat Arsenal bermain imbang dengan Brentford kala itu. Ia berhenti atas persetujuan bersama.

Pada laga yang dipimpin Mason saat itu, ia tidak menganulir gol penyama Brentford yang dicetak oleh Ivan Toney menit 74. 

Meski pemeriksaan VAR berlangsung selama lebih dari tiga menit, Mason lupa mengecek posisi pemain Brentford Christian Norgaard, yang sundulannya dikonversi menjadi gol oleh rekan setimnya. 

Akibatnya, Arsenal kehilangan dua poin dan hanya mengemas satu poin. Keputusan itu disebut sebagai "human error" oleh PGMOL. Selain itu kepala wasit Howard Webb mengirimkan permintaan maaf resmi kepada Arsenal atas kesalahan yang membuat mereka kehilangan poin penting dalam perburuan gelar.

Webb mengakui "kesalahan signifikan dalam proses VAR" sebagaimana teknologi tersebut mengalami salah satu akhir pekan terburuknya.

Dikutip dari Viva.co.id, Ini adalah kedua kalinya Mason ditegur atas tindakannya sebagai ofisial VAR musim ini. Yang pertama adalah ketika dia salah menganulir gol untuk Newcastle melawan Crystal Palace pada September 2022.