Respons Erick Thohir soal Pemain Thailand Buang Medali SEA Games

Ketua PSSI Erick Thohir
Sumber :
  • viva.co.id

Jatim – Pada laga Final Cabang Olahraga Sepakbola SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 berhasil ungguli Thailand dengan skor 5-2. Capaian ini telah menuntaskan kebuntuan selama 32 tahun Skuad Garuda nihil juara.

Shin Tae Yong tak Menyangka Timnas Indonesia U-23 bisa Berangkat ke Dubai untuk Pemusatan Latihan

Insiden dramatis kerap mewarnai berjalannya pertandingan. Mulai dari banyaknya kartu kuning dan merah yang dikeluarkan wasit, selebrasi yang berlebihan, perpanjangan waktu, kegaduhan dan adu jotos, hingga aksi lempar boneka dan medali SEA Games oleh salah seorang pemain Thailand.

Diketahui, sikap tak terpuji dengan melempar medali dan boneka maskot SEA Games 2023 itu dilakukan oleh Pemain Belakang Timnas Thailand, Jonathan Khemdee. Ia melemparkan boneka dan medali itu ke tribun penonton. Kejadian ini pun lantas viral di media sosial.

Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal Penumpang Antisipasi Lonjakan Pemudik Lebaran 2024

Selain itu juga, Jonathan Khemdee yang tampak begitu arogan langsung menyerobot membawa medali dan bonek maskot SEA Games tanpa menunggu di kasih oleh pihak panitia.

Kejadian tersebut membuat geram netizen kamboja serta kabarnya, Jonathan Khemdee mendapatkan sanksi dan tidak boleh tampil di SEA Games untuk seumur hidup.

Fakta-fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam 3-0

Menanggapi hal itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menegaskan bahwa perilaku tersebut tidak mencerminkan karakter atlet yang baik. Karenanya ia menegaskan bahwa andai kata itu dilakukan oleh Atlet Indonesia, tentu ia tak akan dipakai lagi.

"Kalau saya gak akan dipakai lagi tuh. Jelas. Karena yang kita bangun ini karakter sebenarnya. Dan tindakan itu tidak mencerminkan karakter yang baik sebagai seorang atlet yang menjadi aset bangsa," tegasnya saat wawancara ekslusif, dikutip Viva Jatim, Sabtu, 20 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title