Indonesia Menang, Bukti Ampuh Kejutan Taktik dan Formasi Tim dari Shin Tae-Yong

Pertandingan Indonesia vs Turkmenistan
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Janji pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong (STY) untuk memberi kejutan dengan melakukan variasi dalam formasi tim di laga kontra Turkmenistan terbukti ampuh. Indonesia menang dengan skor 2-0 di stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat 8 September 2023 pada FIFA Friendly Match.

Justin Hubner Dikabarkan Absen Melawan Guinea, Lini Belakang Terancam Bolong

Usai pertandingan STY mengatakan sejatinya pemain masih belum benar-benar lengkap pada pertandingan hari ini. Karena itu, kejutan yang dimaksud yakni dengan merubah taktik dan formasi pada tim.

"Pemain belum lengkap, jadi pertandingan hari ini, babak pertama memakai tiga bek, babak kedua bermain lebih menyerang, kita main dengan formasi 4-4-2. Kemudian 15 menit akhir babak kedua berganti menjadi 3-4-3, itulah kejutannya," jelasnya.

Indonesia Kalah Lagi di Piala Asia U-23, Ceramah Kocak Kiai Ini Terngiang

Kemenangan ini, berkat taktik dan juga perubahan formasi, tapi yang lebih baik lagi pemain bisa menerjemahkan instruksi pelatih, sehingga hasilnya lebih memuaskan dan mendapatkan kemenangan.

"Ya, saya pikir pemain dengan baik bisa menerjemahkan instruksi dan taktik dari pelatih. Ini menjadi sangat bagus, percobaan dari formasi dan taktik," ucap coach Shin sapaan akrabnya. 

Pesona Istri Shin Tae-yong yang Cantik Bak Artis Korea

Lebih lanjut, coach Shin menambahkan kemenangan pada pertandingan tadi sangat bagus bagi pemain dan tim. Juga tidak ada pemain istimewa atau inti di timnas, semua pemain harus bersaing untuk mendapatkan tempat utama.

"Tidak ada pemain ini, semua harus bersaing menunjukkan performa terbaik untuk mendapatkan tempat utama di timnas. Jadi baik pemain naturalisasi atau tidak, semua harus bersaing," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title