Simak Cerita Rasulullah SAW Lakukan 3 Kali Salat Tarawih saat Ramadan

Salat Tarawih malam pertama di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya
Sumber :
  • ISTIMEWA

Surabaya, VIVA Jatim- Momentum bulan Ramadan menjadi sarana bagi masyarakat untuk melaksanakan ibadah kepada Allah dengan sebanyak-banyaknya. Salah satu yang biasa dilakukan adalah salat tarawih

Ustaz Adi Hidayat Sarankan Potong Kuku Begini

Sebagaimana diketahui, Salat tarawih adalah salat sunnah dilaksanakan selepas salat Isya dan biasanya dilakukan secara berjemaah di masjid. Dalam riwayat yang masyhur, disampaikan oleh Aisyah RA bahwa Rasulullah SAW sempat melakukan salat tarawih secara berjemaah sebanyak tiga kali kesempatan. 

Diceritakan pada suatu malam di bulan Ramadhan, Rasulullah SAW berada di masjid dan melaksanakan salat tarawih. Kemudian datang beberapa sahabat yang bermakmum di belakang beliau.

Ramadan Berakhir, Saatnya Menghangatkan Ranjang dengan Gaya Ini!

Pada malam berikutnya, Rasulullah kembali melaksanakan salat tarawih di masjid, dan sahabat yang bermakmum di belakang beliau semakin bertambah jumlahnya.

Hal yang sama terus berlanjut pada malam ketiga. Jumlah sahabat yang bermakmum di belakang Rasulullah kian membludak. Hingga pada malam keempat, masjid sesak dipenuhi jemaah yang ingin melaksanakan salat tarawih bersama Nabi Muhammad SAW. Namun, setelah lama ditunggu, beliau tak keluar dari rumah.

Diterpa Masalah Besar dalam Hidup? Atasi dengan Salat Hajat Ala Rasulullah

Hingga fajar menyingsing, Rasulullah baru keluar untuk melaksanakan salat subuh berjamaah, selepas itu beliau berkhutbah terkait alasan mengapa semalam tak melaksanakan tarawih di masjid.

“Pada malam keempat, jamaah telah berkumpul, tetapi Rasulullah SAW tidak keluar rumah. Ketika pagi Rasulullah mengatakan, ‘Aku melihat apa yang kalian perbuat. Aku pun tidak ada uzur yang menghalangiku untuk keluar menemui kalian, tetapi aku khawatir (shalat tarawih) diwajibkan'," (HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i, Malik dan Ahmad).

Halaman Selanjutnya
img_title