Mufti Agung Mesir Ungkap Amalan Ringan Berpahala Besar di Bulan Ramadan

Ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Umat Islam di seluruh dunia menjadikan Bulan Suci Ramadan sebagai momen berlomba-lomba dalam kebaikan. Ada banyak perbuatan positif yang dilakukan guna meraih pahala dan keberkahan saat berpuasa Ramadan. Tentu dalam rangka meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Santapan Lebaran Bikin Naik Kolesterol? 6 Buah ini Bisa Bantu Netralkan Tubuhmu

Beberapa amalan positif yang seringkali dilakukan adalah amaliyah keagamaan seperti rutin membaca Alquran, salat tahajud, dan lain sebagainya. Kemudian amaliyah sosial, seperti bersedekah, menyantuni yatim dhuafa dan yang lain.

Namun demikian, tidak sedikit orang yang justru kesulitan melakukan beberapa amalan seperti disebutkan di atas. Tentu dengan berbagai alasan dan keterbatasan. Seperti didesak oleh pekerjaan, dituntut kebutuhan ekonomi dan berbagai persoalan kehidupan lain.

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

Untuk itu, Mufti Agung Mesir, Syeikh Ali Jum'ah memberikan satu amalan sederhana nan mudah tetapi mengandung pahala yang besarsaat dilakukan di bulan Ramadan. Apa itu? Berikut penjelasannya dikutip dari VIVA, Selasa, 19 Maret 2024.

Amalan tersebut disampaikan Syaikh Ali Jum’ah saat menjawab sebuah pertanyaan seorang pria. Pria tersebut sedih karena setelah memiliki anak, ia tidak lagi dapat melakukan ibadah sunnah yang dia lakukan setiap Ramadhan dan hanya dapat melakukan ibadah wajib.

Buya Yahya: Bagaimana Hukum Puasa Syawal tapi Masih Punya Utang di Ramadan?

Menurut Syaikh Ali Jum’ah, mendidik anak juga merupakan ibadah dan berpahala besar. Lantas amalan apa yang secara khusus dapat dilakukan saat berpuasa? Menurut Syaikh Ali Jum'ah, itu adalah dzikir.

“Allah telah mengajarkan kita dzikir. Dan mengajarkan kita sepuluh kalimat baik yang perlu kita perbanyak,” kata Syaikh Ali Jum'ah.

Halaman Selanjutnya
img_title