Perhatikan 5 Tips Aman Mudik Lebaran 2024, Nomor 3 dan 4 Paling Penting

Ilustrasi mudik pakai mobil
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim- Mendekati lebaran atau hari raya idul fitri, ada salah satu kebiasaan yang dilaksanakan oleh para perantau atau pekerja di luar kota. Mereka biasanya melakukan mudik lebaran dengan perjalanan jarak jauh yang ditempuh untuk sampai di kapung halaman . 

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Mudik di waktu lebaran dan idul fitri biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman. Namun, perjalanan mudik seringkali melibatkan risiko tertentu, terutama karena volume lalu lintas yang tinggi dan kondisi jalan yang kurang memadai. 

Berikut adalah 5 tips penting untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan perjalanan kamu saat mudik Lebaran:

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

1. Rencanakan Perjalanan kamu dengan Cermat

Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan untuk merencanakan rute perjalanan kamu dengan cermat. Periksa kondisi jalan, kemacetan lalu lintas, dan perkiraan cuaca untuk menghindari rute yang padat atau rawan kecelakaan. Gunakan aplikasi navigasi atau peta online untuk membantu kamu menemukan rute alternatif yang lebih aman dan efisien. 

Satlantas Polres Lamongan Klaim Angka Kecelakaan Minim di Jalur Mudik Lebaran

2. Periksa Kendaraan kamu dengan Teliti

Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk memeriksa kondisi kendaraan kamu dengan teliti. Periksa tekanan ban, cairan pendingin mesin, minyak mesin, lampu kendaraan, dan rem kendaraan. Pastikan kendaraan kamu dalam kondisi baik dan siap untuk menempuh perjalanan jauh. Jika memungkinkan, lakukan pemeriksaan oleh bengkel atau montir terpercaya sebelum berangkat.

Halaman Selanjutnya
img_title