Uniknya Wisata Pasar Barongan Jombang Gunakan Uang Bambu

Nuansa Pasar Barongan Kali Gunting Jombang
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Jatim – Sebuah destinasi wisata pasar, yaitu Pasar Barongan yang bernuansa tradisional yang terletak di Kali gunting, Desa Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang berdiri yang mana menambah daya tarik pengunjung. Hal itu karena pasar ini berbeda dari pasar pada umumnya. 

Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Menurut pantauan Viva Jatim, pasar ini hanya dibuka setiap bulan pada minggu pertama yakni mulai pukul 06.00-10.00 WIB saja. Uniknya, pasar ini tidak sama dengan pasar pada umumnya. Di pasar ini, uang logam dan kertas tidak berlaku. Pengunjung yang hendak bertransaksi harus membayar menggunakan uang yang terbuat dari  bambu

"Jadi, para pedagang dan pembeli tidak bisa menerima pembayaran menggunakan rupiah. Satu bilah bambu dihargai Rp 2 ribu. Sementara range harga makanan di bawah Rp 10 ribu. Sedangkan untuk craft harganya sangat bervariasi bisa hingga jutaan rupiah," ujar Kepala Desa Mojotrisno, Nanang Sugiarto pada Minggu, 15 Desember 2023. 

Sebanyak 169 Anggota Perguruan Silat Diamankan Polisi di Jombang, Ada Apa?

Selain itu, penekanan pada ramah lingkungan menjadi ciri khas pasar Barongan Kali Gunting, yaitu tidak menyediakan kemasan kresek.

Hal tersebut sesuai dengan regulasi perbup nomor 56 tahun 2022 terkait pembatasan penggunaan kantong plastik, styrofoam dan sedotan.

Tanah Bergerak Sebabkan Puluhan Rumah Warga di Jombang Rusak

"Mereka semua menggunakan kemasan/kresek yang ramah lingkungan, seperti kertas, bambu dan daun. Para pengunjung dapat membeli tas dari anyaman bambu hanya dengan harga dua bilah bambu atau setara dengan Rp 4 ribu saja,"  tambah Nanang.

Muhammad Wildan (21) warga asal Malang yang berkunjung ke pasar Barongan mengaku sangat senang dan terkesan dengan pasar Barongan yang nuansanya seperti pada zaman dulu

Halaman Selanjutnya
img_title