7 Tips Perjalanan Nyaman Bagi Ibu Hamil saat Kepadatan Arus Balik

Ilustrasi Ibu Hamil
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim –Petugas kepolisian pun turut memprediksi adanya peningkatan volume kendaraan yang signifikan saat balik mudik lebaran 2023. Hal ini tentu tidak akan menutup kemungkinan terjadinya kepadatan arus lalu lintas.

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Beberapa hal tentunya harus dipersiapkan para pemudik dalam melakukan perjalanan. Tidak terkecuali, juga memperhatikan kenyamanan penumpang, apalagi para wanita yang sedang dalam kondisi hamil atau mengandung.

Hal ini karena melakukan perjalanan jauh apalagi dengan momentum mudik pada saat hamil, memiliki beberapa resiko, seperti dapat menimbulkan monstipasi, mual, sakit kepala dan pusing, hingga mudah lelah.

Bus Bagong Kena Tilang Polisi gegara Nekat Lawan Arus Lalu Lintas di Tulungagung

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eka Hospital, dr. Rendy Indraprana, Sp.OG mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para ibu hamil atau pun pasangan dan keluargannya dalam perjalanan mudik. 

"Pasangan atau pihak keluarga harus memperhatikan beberapa hal jika memang ada amggota yang dalam kondisi hamil. Atau si bumil (ibu hamil)-nya juga harus prepare, mengingat perjalanan jauh memiliki resiko," katanya di Tangerang, Senin, 24 April 2023.

H+4 Libur Lebaran, Jalur Wisata Trawas - Pacet Mojokerto Ramai Lancar

Ada beberapa tips yang diberilan dr Rendy, agar pemudik yang dalam kondisi hamil, bisa aman dan nyaman selama perjalanan arus balik. 

1. Usia Kehamilan 

Halaman Selanjutnya
img_title