Menyibak Deretan Situs Arkeologi Dunia yang Penuh Misteri

Situs Arkeologi Dunia
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Meski dunia sudah sampai para era teknologi informasi yang demikian pesat, namun peninggalan-peninggalan sejarah di masa lampau masih terjaga dengan baik hingga saat ini. Ragam artefak yang menjadi saksi bisu perjalanan manusia di muka bumi masih bisa disaksikan dengan jelas.

Harta Karun Nabi Sulaiman Ditemukan di Israel, Ini Faktanya

Yang seringkali muncul dalam pikiran manusia hari ini adalah, bagaimana cara manusia dahulu membangun situs-situs bersejarah itu. Sebab, tak jarang dari situs arkeologi itu tersimpan arsitektur megah nan indah. Padahal dulu belum ada teknologi canggih seperti saat sekarang ini.

Untuk itu, berikut deretan fakta-fakta tentang sejumlah situs arkeologi dunia yang masih penuh misteri hingga kini, dikutip dari VIVA, Kamis, 26 April 2023.

Penemuan Penting Arkeolog Tunjukkan Keberadaan Harta Karun Nabi Sulaiman

1. Machu Picchu, Peru

Terletak di tengah puncak Andean, Machu Picchu diyakini telah dibangun pada abad ke-15 oleh penguasa Inca, Pachacutec.

Kuburan Anak Vampir Ditemukan Arkeolog

Kompleks batu yang luas terdiri dari ratusan bangunan berupa istana, kuil, pemandian, dan sistem pengiriman air yang rumit. Fakta bahwa Machu Picchu dibangun tanpa teknologi canggih merupakan keajaiban tersendiri, meskipun pertanyaan yang terus membingungkan para sejarawan adalah mengapa Machu Picchu dibangun dan kemudian ditinggalkan.

Sebuah teori yang populer mengungkap bahwa benteng di puncak gunung ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan Inca, dan kemudian runtuh segera setelah penjajah Spanyol tiba di Amerika Selatan. Namun sejarah situs arkeologi ini masih terbuka untuk diperdebatkan.

2, Skara Brae, Skotlandia

Halaman Selanjutnya
img_title