Ekskavasi Bhre Kahuripan Kembali Temukan Struktur Pagar Keliling, Gandeng BRIN untuk Uji Karbon

Ekskavasi Bhre Kahuripan
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Mojokerto, VIVA JatimArkeolog Balai Pelestarian dan Kebudayaan (BPK) wilayah IX Jatim kembali melakukan ekskavasi di situs Bhre Kahuripan, Desa Klinterejo, Sooko, Mojokerto. Ekskavasi kali ini, tim kembali menemukan struktur bangunan diduga pagar. 

Ekskavasi Ungkap Bilik dan Gapura Akses Menuju Candi Bhre Kahuripan Mojokerto

Struktur itu ditemukan saat penggalian di sisi timur lapangan sepak bola yang sempat digali pada ekskavasi sebelumya. Temuan ini menguatkan dugaan jika candi Bhre Kahuripan dikelilingi pagar megah. 

Ketua Tim Ekskavasi Situs Bhre Kahuripan Muhammad Ichwan, ekskavasi kali ini digelar mulai 25 Juni sampai 19 Juli 2024. Fokusnya sama dengan tahun lalu, yaitu mengungkap pagar yang mengelilingi candi utama.  

Sering Buka Situs Sensitif dan Berbahaya? Ini Cara Mudah Hapus Jejak Digital

“Kami menemukan diduga pagar keliling di sebelah utara sisi timur dari lapangan sepak bola,” katanya kepada wartawan di lokasi penggalian ekskavasi, Rabu, 17 Juli 2024. 

Ia menjabarkan, temuan struktur bangunan pagar itu sepanjang 150 meter dan lebar 100-105 cm. Temuan ini masih menyambung dengan struktur yang ada di lapangan sepak bola. 

Mitigasi Gempa, Rumah Sakit di Surabaya Diminta Hitung Ulang Struktur Bangunan

“Di bagian tengahnya kurang lebih ada 3 bagian yang menonjol yang kami duga sebagai pilar,” ujarnya. 

Di sisi lain, tim ekskavasi telah mengungkap temuan penting dibalik lapangan sepak bola saat ekskavasi tahap 6 Situs Bhre Kahuripan yang berlangsung 17 Juli - 15 Agustus 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title