Ekskavasi Ungkap Bilik dan Gapura Akses Menuju Candi Bhre Kahuripan Mojokerto

Ekskavasi lanjut Situs Bhere Kaburipan
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Mojokerto, VIVA JatimEkskavasi lanjut Situs Bhere Kaburipan di Mojokerto mengungkap fakta baru. Tim dari Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Jatim menemukan struktur diduga bilik dan gapura akses menuju area sakral

Ekskavasi Bhre Kahuripan Kembali Temukan Struktur Pagar Keliling, Gandeng BRIN untuk Uji Karbon

Ekskavasi yang didukung Disbudporapar Kabupaten Mojokerto itu berlangsung selama 7 hari, 22-28 Juli 2024. Tim fokus menggali sudut tenggara lapangan sepakbola.

Ketua Tim Ekskavasi Situs Bhre Kahuripan Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Jatim, Muhammad Ichwan mengatakan, tim menemukan struktur diduga sebagai gapura menuju area sakral. Sayangnya, gapura tersebut belum sepenuhnya bisa ditampakkan. 

Respons Anggota DPRD Sumenep soal Perbaikan Jalan Swadaya oleh Warga

“Sisi barat kita dapatkan tapak gapura sesuai dengan arah hadap utamanya,” katanya kepada wartawan, Minggu, 28 Juli 2024. 

Menurutnya, temuan gapura ini memiliki lebar kurang lebih 11,5 meter dari barat ke timur. Akan tetapi, ukuran asli dari selatan ke utara belum bisa dipastikan. Sementara, kedalamannya mencapai 100 cm. 

Pagar Nusa dan Masyarakat di Sumenep Perbaiki Jalan Rusak secara Swadaya

Gapura yang diekskavasi ini bukan lah pintu masuk utama ke Candi Bhre Kahuripan. Namun, akses masuk dari halaman sakral. Uniknya, gapura tersebut nampak tidak di tengah pagar pembatas halaman. Karena posisinya sedikit melenceng ke selatan.

“Sementara ini yang kami tampakkan separuh ke utara. Untuk ke arah selatannya kami duga miror. Maka butuh penggalian lagi untuk mencari tahu,” ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title