Sering Buka Situs Sensitif dan Berbahaya? Ini Cara Mudah Hapus Jejak Digital

Ilustrasi kegiatan media sosial.
Sumber :
  • U-Report via Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Di era informasi digital yang semakin tak terbendung, nyaris segala aspek kehidupan manusia tersentuh oleh internet. Mulai dari mencari informasi tertentu hingga komunikasi via online. Dari situ, tanpa disadari, kita telah menyisakan jejak digital di berbagai platform. 

Dibuka Hari Ini, IIMS Surabaya 2024 Targetkan Transaksi Rp 240 Miliar

Jejak digital itulah yang kemudian bisa menjadi sumber informasi pribadi. Bagi yang memiliki niat jahat, jejak itu terkadang disalahgunakan untuk merusak reputasi hidup seseorang. Sebab bisa saja jejak digitalnya ada unsur yang sensitif dan berbahaya.

Pencurian identitas, penipuan online, dan pelanggaran privasi menjadi semakin marak di dunia digital. Data pribadi yang terpapar di internet dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk berbagai tujuan jahat.

Plh Gubernur Jatim Bobby Ajak Generasi Muda Kuasai Teknologi Songsong Indonesia Emas 2045

Oleh karena itu, penting untuk memahami cara menghapus jejak digital untuk menjaga privasi dan keamanan online.

Jejak digital adalah informasi yang Anda tinggalkan saat menggunakan internet. Jejak ini dapat berupa riwayat browsing, aktivitas media sosial, informasi akun seperti nama, alamat, nomor telepon, dan detail pribadi lainnya.

Dalami Sistem Penanggulangan Bencana, Pj Gubernur Jatim Lakukan Kunjungan ke Jepang

Ada juga data aplikasi seperti lokasi, kontak, dan riwayat belanja, serta cookie yang berupa file kecil yang disimpan di perangkat Anda untuk melacak aktivitas online.

Jejak digital ini tersebar di berbagai platform online, sepert mesin pencar: Google, Bing, Yahoo; situs web dan blog tempat Anda browsing, berbelanja, atau mencari informasi; media sosial, dan aplikasi seluler: Aplikasi yang Anda gunakan untuk berkomunikasi, berbelanja, atau bermain game.

Halaman Selanjutnya
img_title