Waspada! Baby Blues Mengintai Ibu Muda, Begini Cara Mengatasinya

Bayi lahir prematur
Sumber :
  • Ceritakita

Jatim – Kehadiran buah hati memang sangat ditunggu-tunggu oleh para calon ayah maupun ibu. Setelah melalui masa-masa sulit selama dalam kandungan, lahir dengan selamat dan kondisi bayi sehat adalah dambaan semua keluarga.

Bayi Dalam Kardus Ditemukan di Depan Rumah Warga Mojokerto, Ada Surat Wasiat Sang ibu

Kendati demikian, tak jarang usai melahirkan justru hadir masalah baru yang tak bisa disepelekan. Pasca melahirkan, tak sedikit para wanita yang kesulitan beradaptasi dengan momen baru menjadi seorang ibu. Kondisi stres hingga depresi biasanya menjadi masalah utama pada ibu yang baru melahirkan.

Stres usai melahirkan bisa dipicu banyak sebab seperti sulit menyusui hingga belum menerima keadaan barunya. Ini bisa membuat kondisi seperti baby blues hingga depresi pasca melahirkan mengintai.

Klinik Bayi Tabung di Surabaya Ini Raih Akreditasi Internasional Pertama di Indonesia Timur

Dilansir dari VIVA, Kamis, 25 Mei 2023, baby blues biasanya dialami hampir semua ibu baru di mana mereka mengalami perasaan negatif atau perubahan suasana hati setelah kelahiran anaknya.

Seringkali gejala "baby blues" akan menyerang dengan kuat dalam waktu empat sampai lima hari setelah kelahiran bayi, meskipun tergantung pada bagaimana kelahiran bayi itu, mereka mungkin terlihat lebih awal.

Geger Penemuan Bayi Laki-laki Dalam Kardus di Surabaya, Ini Penjelasan Polisi

Gejala baby blues meliputi, menangis atau menangis tanpa alasan yang jelas, ketidaksabaran, iritabilitas, gelisah, kecemasan, kelelahan, insomnia (bahkan saat bayi sedang tidur), kesedihan, perubahan suasana hati dan konsentrasi yang buruk.

Sementara itu, penyebab pasti dari "baby blues" tidak diketahui saat ini. Hal ini diduga terkait dengan perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan dan setelah bayi lahir. Perubahan hormonal ini dapat menghasilkan perubahan kimiawi di otak yang mengakibatkan depresi.

Halaman Selanjutnya
img_title