Mengapa Ular Jadi Simbol Organisasi Kesehatan Dunia? Ini Alasannya

Logo World Health Organization (WHO)
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Simbol ular pada logo organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) seakan kontradiktif. Pasalnya, ular dikenal sebagai hewan berbahaya dengan memiliki racun mematikan. Sementara WHO sendiri berorientasi pada urusan kesehatan.

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Fakta yang seakan berbanding terbalik ini pun membuat banyak publik bertanya-tanya. Mengapa Ular menjadi simbol WHO? Berikut ini penjelasannya dilansir dari VIVA, Sabtu, 10 Juni 2023.

Seperti diketahui, simbol kedokteran sering ditampikan dengan ular yang melilit pada sebuah tongkat. Simbol ini cukup populer menghiasi kemasan farmasi dan rumah sakit.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Padahal kita tahu, bahwa gigitan ular adalah sesuatu yang menyakitkan, namun kenapa ular malah menjadi simbol profesi bagi para dokter atau apoteker. Ada dua versi simbol ular pada bidang medis.

Versi bersayap yang dikenal sebagai caduceus dan tongkat yang dililit ular pada simbol tersebut merupakan tongkat yang dibawa oleh dewa Olympian Hermes.

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Perlu diketahui bahwa dalam mitologi Yunani, Hermes adalah dewa pembawa pesan antara dewa dan manusia, yang menjelaskan sayap. Ia juga menjadi pemandu ke dunia bawah, yang menjelaskan arti tongkat.

Selain itu, Hermes juga merupakan pelindung para pelancong, yang membuat hubungannya dengan kedokteran dan dunia medis sangatlah tepat, karena dokter di masa lalu harus melakukan perjalanan jauh dengan berjalan kaki untuk mengunjungi pasien mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title