Penilitian Ungkap Otak Astronot Rusak Jika Terlalu Lama di Luar Angkasa

Ilustrasi Astronot
Sumber :
  • Viva

Jatim – Para peneliti di Universitas of Florida mempelajari peindaian otak dari 30 astronot sebelum dan sesudah mereka melakukan perjalanan ke luar aatmosfer Bumi. Alhasil, misi panjang di luar angkasa dapat merusak otak astronot.

Akhirnya, Buzz Aldrin Astronot Penjelajah Bulan Menikah di Usia 93 Tahun

Agar otak mereka dapat mengatur ulang, para ilmuwan merekomendasikan frequent flyer, menunggu tiga tahun setelah misi yang lebih lama. Studi tersebut mengungkapkan bahwa ventrikel otak berkembang secara signifikan pada astronot yang melakukan misi setidaknya selama enam bulan.

Ini juga menunjukkan bahwa kurang dari tiga tahun setelah misi tidak memberikan cukup waktu bagi ventrikel untuk pulih sepenuhnya, dikutip dari VIVA, Senin, 12 Juni 2023.

Laga Pamungkas, Persebaya Gilas Persik Kediri 2-1 di GBT

Ventrikel adalah rongga di otak yang berisi cairan serebrospinal. Ini memberikan perlindungan, nutrisi, dan pembuangan limbah untuk organ vital yang kompleks. 

Mekanisme dalam tubuh mendistribusikan cairan ke seluruh tubuh kita, tetapi tanpa gravitasi, cairan bergeser ke atas dan mendorong otak lebih tinggi di dalam tengkorak, menyebabkan ventrikel mengembang.

Ribuan CJH Asal Surabaya Ikuti Bimbingan Manasik Massal di UINSA

Rachael Seidler adalah profesor fisiologi terapan dan kinesiologi di University of Florida dan penulis studi tersebut. Dia menemukan, semakin banyak waktu yang dihabiskan orang di luar angkasa, semakin besar ventrikel mereka.

"Banyak astronot melakukan perjalanan ke luar angkasa lebih dari satu kali, dan penelitian kami menunjukkan bahwa perlu waktu sekitar tiga tahun antara penerbangan agar ventrikel pulih sepenuhnya," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title