Membentuk Karakter Bangsa Lewat Nilai-nilai Budaya Wayang Kulit

Pentas Budaya Wayang Kulit
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pementasan wayang kulit dan aneka kesenian lokal lain selama kurun Agustus 2023, menjadi pemandangan jamak ditemukan di banyak daerah dalam memeriahkan HUT ke-78 RI. Pertunjukan yang mengangkat kearifan lokal semacam ini tentu bagus.

Menilik Sejarah dan Makna Lebaran Ketupat, Sudah Ada Sejak Era Wali Songo

Sebab selain menghibur dan menjadi ekspresi suka-cita (syukur), secara tidak langsung menjadi sumber inspirasi bagi pembangunan karakter anak bangsa.

Pementasan kesenian wayang kulit, misalnya. Seni budaya tradisi yang sudah diwariskan sejak Nusantara masih di era kerajaan ini dinilai menjadi salah satu referensi dalam pengembanga karakter anak bangsa.

Tradisi Malem Selawe: Acara Rutin Peninggalan Sunan Giri untuk Mendapat Berkah Lailatul Qadar

“Dengan menjadikan budaya sebagai referensi pembangunan karakter, maka budaya tersebut akan selalu diingat dan dilestarikan dari waktu ke waktu,” kata tokoh budayawan nasional, Sudarko Prawiroyudo di Surabaya, Sabtu, 2 September 2023.

Ia lalu menggambarkan dialog yang terbangun dalam pementasan wayang kulit kerap menyuratkan pesan penting bagi pengunjung/penonton/pemirsa yang mengikuti jalannya pementasan. Salah satu contoh cerita pewayangan berjudul 'Arjuna Wiwaha'. Lakon bisa menjadi referensi dalam menjelaskan pentingnya figur yang mumpuni dan layak dijadikan anutan untuk kemudian dipersiapkan menjadi pemimpin bangsa.

Ribuan Masyarakat di Tuban Tumpah Ruah, Saksikan Festival yang Digelar Ganjar Ronggolawe

“Setiap pergelaran wayang kulit selalu menyentuh lima wujud kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Lima wujud tersebut adalah ideologi, politik, ekonomi, sosial-budaya, dan pertahanan-keamanan nasional,” terang Sudarko.

Menurut Sudarko, tantangan Indonesia dalam melestarikan budaya tidaklah mudah. Banyaknya kebudayaan di Indonesia membuka kemungkinan bagi negara lain untuk mengakuinya, terutama negara tetangga. 

Halaman Selanjutnya
img_title