Mengenal Batik Madura di Hari Perayaannya Tanggal 2 Oktober 2024

Batik Madura
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Setiap tanggal 2 Oktober selalu dirayakan sebagai Hari Batik Nasional setelah United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mengakui batik sebagai warisan budaya takbenda dari Indonesia tahun 2009 lalu.

Polisi Gerebek Pesta Seks Tukar Pasangan Suami Istri di Kota Batu

Dikutip dari buku Ensiklopedia The Heritage of Batik Identitas Pemersatu Kebanggan Bangsa karya Primus Supriono tahun 2016 menerangkan bahwa batik merupakan bentuk seni rupa terapan atau kriya yang telah tumbuh dan berkembang di hampir sebagian besar wilayah Indonesia sejak dahulu kala.

"Di setiap masa dan daerah, batik mempunyai motif, ornamen, ragam hias, corak, teknik dan bahan beraneka ragam," tulis Primus menjelaskan pengertian dan makna batik.

Relawan Khofifah-Emil Resmikan Posko di Depan Kantor PKB Jatim

Ia menyampaikan, dilihat secara etimologi, kata batik berasal dari bahasa Jawa yang mempunyai arti beragam. Yakni perpaduan kata 'amba' berarti luas dan 'nitik' yang artinya titik. Sehingga bila dijabarkan bermakna membuat titik di kain yang lebar atau luas.

Meski kata batik disinyalir berasal dari bahasa Jawa, bukan berarti daerah lain tidak mengenal seni kriya ini. Di Madura misalnya, masyarakat setempat sudah mengenal batik antara abad 16 hingga 17.

Pesan Gus Kautsar saat Hadiri Silaturahmi Ulama NU Bareng Mas Dhito

"Diawali ketika terjadi peperangan di Pamekasan Madura antara Raden Azhar [Kiai Penghulu Bagandan] melawan Ke' Lesap. Raden Azhar merupakan ulama penasihat spiritual Adipati Pamekasan yang bernama Raden Ismail [Adipati Arya Adikara IV]. Sedangkan Ke' Lesap merupakan putera Madura keturunan Cakraningrat I," tulis Sekartaji Suminto dalam jurnlanya berjudul Batik Madura : Menilik Ciri Khas dan Makna Filosofinya tahun 2015.

Batik Madura umumnya dikategorikan sebagai batik pesisir yang digambarkan dengan warna-warna cerah, berani serta motif dinamis. Ciri ini sesungguhnya cerminan dari dikotomi batik Jawa. Penggabungan antara batik pesisir dengan batik-batik keraton Solo dan Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
img_title