Deretan Negara Arab yang Jalin Hubungan Diplomatik dengan Israel

PM Israel Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Meski konflik berkepanjangan Palestina dan Israel terus terjadi, namun ada beberapa negara di Arab yang memiliki hubungan diplomatik penuh dengan Israel. Lantas mengapa masih menjalin hubungan kenegaraan meski konflik tersebut terus berlanjut.

AFC Terkesima Gol Indah Witan Sulaeman ke Gawang Yordania: Masterclass!

Negara-negara tersebut bahkan sudah mulai membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Mereka bahkan sudah bekerja sama dalam berbagai sektor dengan alasan menjaga stabilitas keamanan Timur Tengah, hingga membujuk Israel berdamai dengan Palestina.

Berikut ini deretan negara Arab yang punya hubungan diplomatik dengan Israel dikutip dari VIVA, Senin, 13 November 2023 diantaranya:

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Jelang Duel dengan Yordania di Piala Asia U-23

1. Yordania

Yordania adalah salah satu negara yang ada di kawasan Asia Barat. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Arab Saudi di selatan dan timur, Irak di timur laut, Suriah di utara, dan Palestina serta Israel di Barat. Yordania jalin hubungan diplomatik sejak 27 November 1994.

Menakar Kekuatan Timnas Indonesia Vs Yordania di Piala Asia U-23

Dasar dari hubungan diplomatik ini adalah pelaksanaan perjanjian damai kedua negara. Keduanya terikat 14 perjanjian bilateral yang sudah ditandatangani dan diratifikasi. Tapi, hubungan diplomatik sempat menarik duta besar Yordania dari Israel gegara perang Gaza.

2. Uni Emirat Arab

Halaman Selanjutnya
img_title