Pelatih Bulutangkis Indonesia ini Guncang Amerika, Bawa Anak Didiknya Juara

I Komang Sandy Wijaya dan Franklin Yiu
Sumber :
  • VIVA Jatim/Tofan Bram Kumara

Surabaya, VIVA Jatim - Indonesia dikenal sebagai kiblat bulu tangkis. Wajar karena bukan hanya atlet, pelatihnya pun dianggap mempunyai ilmu dan pengalaman yang mumpuni. 

Tembus Pasar AS hingga Jepang, Batik Aromaterapi asal Madura Raup Banyak Hasil

Bahkan yang terbaru, pelatih bulu tangkis Indonesia, I Komang Sandy Wijaya mengguncang Amerika Serikat (AS). Pasalnya, Komang Sandy Wijaya berhasil mengantarkan anak asuhnya, Franklin Yiu, mampu juara tunggal putra dalam ajang bergengsi, Kejuaraan Bulutangkis Antar Universitas. 

''Nama kejuaraannya 2023 Nothern Collegiate dan dilaksanakan di Boston. Pesertanya semua pebulu tangkis terbaik yang berstatus mahasiswa di Amerika Serikat,'' kata Komang Sandy Wijaya, Rabu, 13 Desember 2023.

Mengenal Starlink, Satelit Milik Elon Musk yang bakal Menerangi IKN Nusantara

Bagi pria asal Surabaya ini, capaian tersebut juga berkat latihan keras dari Franklin. Dia sejak usia enam tahun sudah dilatihnya. Dia baru sisi usia, masih sangat muda, yakni 19 tahun. Tapi, ketika di lapangan, semangatnya menjadi juara sangat tinggi.

"Lawan yang dikalahkan dari Boston University. Saat ini, Franklin kuliah di New York University. Dia mengambil jurusan Matematika computer science,'' jelas pelatih yang dibesarkan di klub Wima Surabaya tersebut. 

Tewas! Bule Amerika Terseret Arus Pantai Double Six Seminyak Bali

Pria yang akrab disapa Sandy ini mengaku untuk kali pertama ada pebulu tangkis dari New York University yang mampu menjadi juara Amerika. Tak bisa dipungkiri, pengalaman yang dimiliki Sandy memang memegang peranan besar.  

Diketahui, Sandy sendiri lahir di Surabaya pada 11 Desember 1989. Kemampuanya bermain bulu tangkis membuat dia masuk ke klub besar di Indonesia, PB Djarum Kudus dan PB Wima Surabaya.

Halaman Selanjutnya
img_title