18 Ribu Laporan Tertangani, Halomasbup Jadi Andalan Pelayanan Publik Digital di Kediri
- Madchan Jazuli/Viva Jatim
Kediri, VIVA Jatim –Halomasbup merupakan salah satu program prioritas Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, yang bertujuan menyerap aspirasi masyarakat secara digital dengan cepat, transparan, dan efisien. Hingga kini, program ini telah berhasil menangani sedikitnya 18 ribu laporan masyarakat.
Pernyataan tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kediri, Nur Miftahul Fuad, dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi E-Lapor Semester I yang dilaksanakan di Tempat Bercakap Kopi, Desa Doko, Kecamatan Ngasem, beberapa waktu lalu.
Fuad menjelaskan bahwa keberadaan Halomasbup memberikan dampak yang signifikan dalam mempercepat pelayanan publik. Karena itu, program ini dilanjutkan dengan versi terbaru bernama Halomasbup 2.0, yang merupakan pengembangan dari versi sebelumnya.
"Selama ini sedikitnya sebanyak 18 ribu laporan berhasil ditangani. Tentunya kedepan akan semakin responsif sebab melibatkan kecerdasan buatan dalam proses laporan dan penanganannya," papar Nur Miftahul Fuad dikutip VIVA Jatim Minggu 15 Juni 2025.
Ia menambahkan saluran komunikasi ini terbukti ampuh dan berdampak nyata menjadi kanal utama. Dalam kepemimpinan Mas Bup Dhito yang kedua, program ini lebih disempurnakan dengan nama Halomasbup 2.0 atau generasi kedua.
Fuad mengaku perbedaan dengan yang sebelumnya terletak pada aplikasi ini diprogram lebih responsif. Sekaligus dibekali sistemisasi kecerdasan buatan guna mendukung akurasi proses penganganan laporan.
"Sisi positifnya melalui aspirasi dari masyarakat, maka terwujud pembangunan yang berjalan sesuai kebutuhan dan masyarakat terlibat aktif dalam proseanya," tambahnya.