Gandeng ITS, RSPL dr. Ramelan Surabaya Kembangkan Tangan Robot Untuk Anggota TNI AL

Acara serah terima jabatan Kepala RSPL
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Surabaya, VIVA JatimRSPAL dr. Ramelan Surabaya mengembangan tangan robot dan program bayi tabung, serta transplantasi ginjal yang diperuntukkan bagi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) beserta keluarganya. Proyek ini menggandeng Institut Teknologi 10 Nopember (ITS).

Club A380, Klubnya Para Ortu Dampingi Anak agar Lolos Seleksi PTN

"Sebelumnya kami selalu beli keluar negeri, untuk itu ke depan kita bersama ITS mengembangkan tangan robot untuk anggota TNI AL yang mengalami patah tangan pada saat latihan tempur," ujar Asisten Personalia Kasal (Aspers Kasal) Laksamana Muda TNI P. Rahmad Wahyudi usai menjadi Inspektur Upacara serah terima jabatan dari Laksamana Pertama TNI dr. Benny Jovie kepada Laksamana Pertama TNI dr. Sujoko Purnomo, Jumat 12 Januari 2024.

"Semoga inovasi ini menjadikan RSPAL dr. Ramelan Surabaya sebagai icon dan rujukan bagi anggota TNI AL dan keluarga," lanjutnya.

Jaga Perairan Laut Gresik, Polsek Kawasan Patroli Gabungan Harkamtibmas

Selain itu, Rahmad mengatakan, serah terima jabatan (sertijab) menjadi bagian penting dari proses kaderisasi kepemimpinan untuk menciptakan keberlanjutan.

"Pejabat baru diharapkan dapat meningkatkan kinerja pejabat sebelumnya serta memunculkan berbagai ide, inovasi, kreativitas serta menghasilkan pemikiran yang lebih maju sesuai dengan perkembangan yang terjadi di bidang kesehatan, selain itu juga dapat mengantisipasi tantangan yang lebih berat di masa mendatang," ujarnya.

Hadir saat Bakti Sosial Bareng TNI AL, Pj Gubernur Jatim: Perbaikan Infrastruktur Jadi Prioritas

Rahmad menyebut, Kepala RSPAL dr. Ramelan Surabaya yang baru ini (Laksamana Pertama TNI dr. Sujoko Purnomo) sebelumnya pernah menjabat sebagai komandan di Rumah Sakit Angkatan Laut Cilandak Marinir Jakarta. Selain itu, juga sudah pernah bertugas di beberapa daerah di Indonesia, seperti Tanjung Pinang dan Manado.

"Memiliki pengalaman yang banyak untuk kedinasan di bidang kesehatan, terutama di angkatan laut. Sehingga tentu sudah mumpuni," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title