The Ganers, Kapal Buatan Mahasiswa ITS Solusi Atasi Persoalan Sampah di Perairan Dangkal

Idham Aulia M Basir saat membuat kapal
Sumber :
  • Imron/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Sampah kerap menjadi momok bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Apalagi sampah itu keberadaannya kerap dijumpai di daerah berair seperti rawa, sungai dan pantai.

Guru Sekolah Alam Asal Banyuwangi Ini Ikhlas Mengajar Meski Hanya Dibayar dengan Sayur

Selain keberadaannya tidak sedap dipandang mata. Sampah-sampah tersebut juga dapat menganggu ekosistem bawah laut dan sungai. Selain itu sampah juga menjadi pemicuterjadinya banjir.

Di sejumlah negara, keberadaan sampah mulai dipikirkan, ada yang berupaya membuat sampah itu bisa didaur ulang untuk dijadikan produk yang bernilai ada juga yang membuat alat semacam kapal keruk sampah yang difungsikan untuk mengatasi sampah di perairan maupun sungai.

Belajar dari Kasus Babysitter di Surabaya, Ini Efek Samping Obat Penggemuk

Di dalam negeri juga ada seorang mahasiswa ITS bernama Idham Aulia M. Basir (22) bersama 4 temannya juga membuat kapal pembersih sampah. Kapal ini didesain khusus untuk membersihkan sampah-sampah yang berada di perairan dangkal seperti di perairan teluk Jakarta.

Pria kelahiran Makassar itu membuat kapal pembersih sampah yang diberi nama The Ganers. The Ganers ini nantinya tidak akan membersihkan sampah di daerah Jakarta tetapi di daerah lain yang ada di Indonesia.

Respon Ketua DPRD Lamongan Terkait Dugaan Skandal Video Syur Anggotanya

"Kapal tangker yang difungsikan sebagai pembersih sampah masih mempunyai sedikit kendala yakni tidak bisa menjangkau di perairan yang dangkal. Oleh karena itu kami dan kawan-kawan menciptakan kapal The Ganers," kata pemuda yang bercita-cita menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan ini.

Idham menyadari persoalan yang ditimbulkan oleh sampah di seluruh Indonesia sangatlah kompleks, untuk itu perlu adanya trobosan dan pemikiran brilian agar bisa mengatasi persolan tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title