Hayu Dyah Patria, Penemu Gizi Tumbuh Kembang Otak Anak dari Tanaman Liar

Hayu Dyah Patria jadikan tanaman liar untuk pertumbuhan otak anak.
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Jombang, VIVA Jatim –Indonesia sejak dulu sudah dikenal memiliki kekayaan alam yang melimpah. Jutaan tanaman yang tumbuh subur di bumi Pertiwi ini bisa digunakan untuk obat maupun kebutuhan pemenuhan gizi. 

Penggunaan Ponsel Berlebihan Picu Risiko Penyakit Jantung hingga Stroke

Tanaman kastuba dan krokot ini misalnya, kedua tanaman yang kerap dianggap oleh masyarakat Indonesia sebagai gulma atau rumput liar tersebut ternyata dari hasil penelitian sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Daun kastuba ini misalnya, memiliki kandungan mineral yang melimpah. Sedangkan daun krokot yang biasanya menjadi makanan kesukaan jangkrik, ternyata kaya berbagai macam vitamin dan dan kandungan tanaman ini bisa mendongkrak kecerdasan pada anak. 

Kemenkumham Jatim Lepas 44 Taruna Poltekip Lakukan Penelitian di 18 UPT Pemasyarakatan

"Daun krokot sangat banyak mengandung asam lemak omega-3 yang baik  untuk perkembangan sel otak pada anak dan untuk memenuhi kebutuhan gizi cukup memanfaatkan tanaman liar yang ada disekitar kita," kata Hayu Dyah Patria.

Hayu sendiri merupakan wanita yang menjadi pencetus sekaligus penggagas pemanfaatan tanaman liar untuk kebutuhan gizi bagi tumbuhan kembang anak bagi warga Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Jurus Ampuh Turunkan Berat Badan dengan Konsumsi Lidah Buaya

Hayu mengaku, pemanfaatan tanaman liar untuk kebutuhan gizi ini sengaja dilakukan mengingat angka kekurangan gizi di Indonesia masih sangat tinggi yakni 17,9 persen.

Penyebab kekurangan gizi sendiri adalah faktor kemiskinan. Oleh karena itu, rumput liar yang biasanya tumbuh kembang di sekitar bisa jadi solusi agar dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan gizi tanpa harus membeli.

Halaman Selanjutnya
img_title