Tips Diet Sehat dan Seimbang Menurut Dokter Gizi di Surabaya

dr Christina Rusli, SpGK.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimBerat badan ideal menjadi dambaan semua orang. Selain membuat penampilan lebih menarik, berat badan ideal juga baik bagi kesehatan. Untuk membentuk tubuh proporsional dengan berat badan seimbang, banyak cara dilakukan. Satu diantaranya melalui progam diet.

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Sebelum memutuskan menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, alangkah baiknya menyimak dulu penjelasan dokter spesialis gizi klinik dari National Hospital, Christina Rusli, berikut ini.

Dokter Christina mengatakan, untuk mengetahui apakah berat badan kita tergolong berlebih atau justru ideal. Maka hitunglah Indeks Massa Tubuh (IMT) kita. Caranya dengan memakai rumus perbandingan, yakni berat badan dalam satuan kilogram dibagi dengan tinggi badan dalam satuan meter yang dikuadratkan.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Hasil pembagian inilah sebagai nilai IMT seseorang. Berat badan ideal apabila nilai IMT berkisar antara 18,5 sampai 23,9.

"Karena kita ada di Indonesia, jadinya kriteria yang kita pakai ada di Asia Pasifik. Dimana disitu kalau indeks massa tubuh itu di atas 24 itu bisa dinyatakan berat badannya berlebih,. Di atas 25 bisa dikatakan obesitas," ujar dokter Christina, Sabtu 20 Januari 2024.

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Merujuk hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 hingga tahun 2018 yang dikeluarkan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes) Kementerian Kesehatan menyebutkan, masyarakat Indonesia memiliki berat badan berlebih sampai kategori obesitas terus meningkat.

Secara global, Christina menyampaikan hampir 38 persen populasi dunia sedang mengalami masalah berat badan berlebih atau obesitas. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Halaman Selanjutnya
img_title