Tren Modifikasi Mobil Ini Meningkat Pesat di Indonesia

Acara modifikasi mobil OLX Autos IMX 2022.
Sumber :
  • Viva Otomotif

Surabaya, VIVA JatimIndustri modifikasi otomotif di Indonesia terus berkembang pesat. Hal itu dinilai dari meningkatnya jumlah peserta dan nilai transaksi di berbagai acara yang digelar.

Pertumbuhan Ekonomi Gresik di Bawah Rata-Rata Nasional, Butuh Sentuhan Birokrasi

"Setiap tahun selalu naik terus jumlah peserta, nilai transaksi semakin besar. Jadi dari situ, mungkin terlihat indikasinya industrinya semakin maju," ujar pendiri National Modificator and Aftermarket Association atau NMAA, Andre Mulyadi, dikutip dari VIVA pada Jumat 26 Januari 2024.

Menurut Andre, salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan industri modifikasi otomotif Indonesia adalah minat masyarakat yang tinggi terhadap personalisasi dan modifikasi kendaraan. Selain itu, industri modifikasi otomotif Indonesia juga didukung oleh pertumbuhan industri otomotif nasional.

PLN Sediakan SPKLU di Setiap Rest Area Tol, Total Ada 1.299 Unit se-Indonesia

"Karena pertumbuhan industri otomotif nasional juga bagus, jadi naturally industri modifikasinya juga ikut bagus," tuturnya.

Dalam upaya mendukung program pemerintah untuk mengurangi emisi, NMAA mendorong para modifikator untuk melakukan konversi mobil ke kendaraan listrik.

Hilirisasi, PLN Pasok Listrik Tahap Tiga 110 MVA ke Smelter Freeport Gresik

"Ada area khusus di acara untuk modifikasi EV. Jadi, ada mobil konversi, EV modifikasi. Harapannya teman-teman modifikator enggak cuma modifikasi estetika aja tapi juga bisa melakukan konversi," ungkapnya.

Namun, Andre mengakui bahwa konversi mobil listrik memang masih mahal, terutama karena harga baterai yang masih tinggi.

Halaman Selanjutnya
img_title