Sering Diabaikan, Berikut 5 Khasiat Kulit Manggis yang Luar Biasa

Ilustrasi buah manggis.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Banyak yang tidak menyangka kulit manggis yang biasanya diabaikan dan dibuang, sebenarnya menyimpan rahasia kesehatan yang luar biasa.

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Buah yang terkenal di Asia Tenggara ini bukan hanya lezat, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan.

Namun, seringkali bagian yang paling bermanfaat dari buah ini dilewatkan, kulitnya. Di bawah ini adalah lima manfaat kulit manggis yang menakjubkan:

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

1. Antioksidan Tinggi

Kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang kaya akan antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Konsumsi kulit manggis atau ekstrak kulit manggis dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. 

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Xanthone dalam kulit manggis juga telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan imunostimulan. Ini berarti bahwa mengonsumsi kulit manggis atau produk yang terbuat dari kulit manggis dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Halaman Selanjutnya
img_title