Begini Cara Kelola Keuangan Lebih Hemat selama Ramadan

Ilustrasi UMK
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Bulan Suci Ramadan adalah momentum yang tepat untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Momen ini pula menjadi kesempatan baik untuk mempererat kebersamaan dengan keluarga dan banyak kolega lewat buka puasa bersama.

Santapan Lebaran Bikin Naik Kolesterol? 6 Buah ini Bisa Bantu Netralkan Tubuhmu

Berbicara soal buka puasa, tentu erat kaitannya dengan aneka kuliner khas Ramadan. Setelah seharian penuh berpuasa, menyantap hidangan spesial dan memanjakan lidah menjadi tidak terhindarkan. Hal ini menjadi salah satu sebab pengeluaran membengkak. 

Dikutip dari VIVA, Sabtu, 17 Maret 2024, Faculty Head Sequis Quality Builder Sequis Training Academy of Excellence, Fandi Murdani, membagikan tips penting untuk mengelola keuangan saat bulan Ramadhan. 

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

Tips ini juga membantu kita untuk mengetahui batasan pengeluaran sehingga anggaran yang dibuat akan lebih realistis sesuai kemampuan finansial. 

1. Buat Daftar Pengeluaran

Buya Yahya: Bagaimana Hukum Puasa Syawal tapi Masih Punya Utang di Ramadan?

Langkah pertama yaitu, membuat daftar pengeluaran secara detail. Catat kebutuhan rutin kamu serta kebutuhan khusus Ramadhan seperti sahur, buka puasa, THR, zakat, kebutuhan lebaran dan santunan. Dengan begini, kamu bisa mengendalikan pengeluaran dan membuat anggaran yang realistis.

2. Rencanakan Menu Sahur dan Buka Puasa

Halaman Selanjutnya
img_title