Mimpi Basah Membatalkan Puasa? Begini Penjelasan Buya Yahya

Penceramah Buya Yahya
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim –Di bulan yang penuh berkah ini, Allah berjanji akan melipat ganda setiap amal kebaikan yang dilakukan hambanya. Maka dari itu, umat Muslim terus berlomba-lomba memperbaiki diri dan ibadahnya di bulan suci Ramadhan.

Usai Puasa dan Lebaran, Waktunya Cobain Gaya Seks Baru!

Dalam bulan Ramadan, Allah SWT mewajibkan umat Muslim untuk berpuasa, sebagaimana yang tertulis dalam Alquran surah Al Baqarah ayat 183. 

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Santapan Lebaran Bikin Naik Kolesterol? 6 Buah ini Bisa Bantu Netralkan Tubuhmu

Selama melaksanakan puasa, kerap kali orang lalai sehingga terjadilah suatu perbuatan yang dapat menggugurkan pahala puasa, seperti bermesraan dengan lawan jenis maupun melakukan masturbasi hingga mengeluarkan air mani saat berpuasa.

Terkait hal tersebut, Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah, Yahya Zainul Ma'arif atau yang akrab disapa Buya Yahya menjelaskan, bermesraan maupun masturbasi hingga mengeluarkan mani hukumnya haram sehingga dapat menggugurkan pahala puasa.

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

"Dalam fiqih puasa praktis ada 9 hal yang membatalkan puasa. Yang ketiga dan keempat itu satu pasang. Yang ketiga adalah bersenggama, biarpun tanpa keluar mani dengan sengaja. Yang keempat adalah keluar mani dengan sengaja biarpun tanpa senggama," terang Buya Yahya, di YouTube Al Bahjah TV, Selasa, 19 Maret 2024 siang.

Lantas, bagaimana jika air mani keluar akibat mimpi saat tidur siang di bulan Ramadhan?

Halaman Selanjutnya
img_title