Mengenal Osteoarthritis dan Metode UKR untuk Menanganinya

Dato Dr Badrul Shah Badaruddin.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Dikutip dari situs Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, Osteoarthritis adalah suatu kondisi sendi degeneratif yang menyebabkan rasa sakit, bengkak serta kaku sehingga mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bergerak bebas.

Apa Itu Egg Banking? Metode Amankan Reproduksi Perempuan untuk Masa Depan

Dokter Spesialis Ortopedi Dato dr Badrul Shah Badaruddin dari Rumah Sakit ALTY Malaysia mengatakan, kasus ini sering menyerang sendi lutut akibat cedera yang tidak kunjung ditangani sehingga jaringan fleksibel pada ujung tulang mengalami keausan parah.

"Dan ini sebagian besar, maaf, banyak dialami perempuan. Walau laki-laki juga bisa menderita sakit ini," kata Dato dr Badrul saat berada di Surabaya, Kamis, 28 Maret 2024, malam.

Siap-siap Hadapi Pandemi Baru yang Lebih Mematikan dari Covid-19, Apa Itu?

Ia juga menyampaikan, selain karena faktor riwayat cedera sendi. Usia lebih tua serta obesitas juga menjadi pemicu Osteoarthritis.

Untuk menanganinya, Konsultan Ortopedik Arteoplasti dan Ahli Bedah Olahraga ini menyebut, biasanya perlu dilakukan operasi penggantian lutut apabila jalan pengobatan non bedah tidak lagi menghilangkan gejala sakit yang diderita.

Indonesia Kecolongan Polio, Atikoh Tawarkan Program Ganjar Soal Kesehatan

Yakni metode pembedahan untuk mengganti bagian sendi yang aus pada satu kompartemen lutut. Nah, operasi pembedahan ini disebut UKR atau Unicompartmental (Partial) Knee Replacement.

"Selama operasi penggantian lutut, tulang dan tulang rawan yang rusak akibat Osteoarthritis, dilapisi kembali dengan komponen logam dan plastik," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title