Siap-siap Hadapi Pandemi Baru yang Lebih Mematikan dari Covid-19, Apa Itu?

Logo World Health Organization (WHO)
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Baru-baru ini World Health Organization (WHO) atau organisasi kesehatan dunia memperingatkan negara-negara di dunia akan potensi munculnya pandemi baru. Yakni penyakit X yang 20 kali lebih mematikan dari Covid-19. 

Mengenal Osteoarthritis dan Metode UKR untuk Menanganinya

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus juga mendesak negara-negara untuk turut menandatangani perjanjian pandemi baru tersebut. Sebab penyakit X sejauh ini belum bisa diidentifikasi.

"Virus yang belum terindentifikasi di masa depan ini bisa jadi lebih mematikan dibandingkan penyakit apa pun yang pernah kita hadapi sebelumnya," kata Tedros saat berbicara di acara Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, dikutip dari VIVA, Selasa 23 Januari 2024.

Apa Itu Egg Banking? Metode Amankan Reproduksi Perempuan untuk Masa Depan

Dalam kesempatan itu, dia juga menyatakan harapan akan tercapainya kesepakatan global pada Mei 2024 mendatang.

Para ahli bahkan berpendapat, penyakit X bisa 20 kali lebih mematikan dibandingkan COVID-19. Tedros menyebut, COVID-19 sebagai penyakit X pertama dan menekankan perlunya kesiapan seluruh dunia untuk menghadapi penyakit berikutnya.

Indonesia Kecolongan Polio, Atikoh Tawarkan Program Ganjar Soal Kesehatan

WHO mengungkapkan, istilah penyakit X menandakan epidemi global serius yang berpotensi disebabkan oleh patogen yang tidak diketahui. Menurut USA Today, pada 2018, WHO menambahkan penyakit X ke dalam daftar penyakit prioritas untuk diteliti.

Hal ini mencakup penyakit seperti Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) dan Ebola, agar dipercepat untuk dilakukan pengembangan tes, vaksin, dan obat-obatan untuk menyelamatkan nyawa selama krisis kesehatan.

Halaman Selanjutnya
img_title