Akupresur Ampuh Atasi Mabuk saat Mudik Lebaran, Ini Titik yang Perlu Dipijat 

Ilustrasi mudik bersama keluarga.
Sumber :
  • Allianz

Surabaya, VIVA Jatim – Masa mudik lebaran Idul Fitri 1445 H tengah berlangsung. Sejumlah ruas jalan raya di kota-kota besar mulai dipenuhi kendaraan. Pelabuhan, terminal, stasiun hingga bandara pun demikian, dipadati penumpang untuk pulang ke kampung halaman.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Momen ini menjadi kesempatan baik dan ditunggu-tunggu untuk bertemu sanak famili dan kolega. Namun terkadang, tak jarang dari mereka mengalami kendala di tengah jalan. Seperti halnya mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi saat melakukan perjalanan jauh termasuk saat musim mudik Lebaran seperti saat ini. Mabuk perjalanan sendiri terjadi ketika pergerakan yang terlihat berbeda dengan yang dirasakan oleh telinga bagian dalam.

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

Lantaran hal itu memicu terjadinya pusing, mual bahkan muntah. Maka dari itu, perlu persiapan agar saat mudik Lebaran tidak mabuk perjalanan. Begini caranya, dikutip dari VIVA, Sabtu, 6 April 2024.

Selain dengan mempersiapkan obat anti mabuk, kita juga bisa mencoba menggunakan teknik akupresur. Direktur layanan operasional RSUP Fatmawati Jakarta, dr Aldrin Nelwan Pancaputra SpAk, MKes, MBiomed, MARS, SH, menjelaskan, akupresur bisa dilakukan dengan teknik pemijatan.

Satlantas Polres Lamongan Klaim Angka Kecelakaan Minim di Jalur Mudik Lebaran

"Akupresur untuk mengatasi mual dan muntah dapat dilakukan pemijatan pada lokasi yang letaknya tiga jari di atas pertengahan pergelangan tangan bagian dalam, selama 30 hitungan," kata dia.

Kemudian lokasi pemijatan berikutnya, yang terletak di garis tengah tubuh bagian depan di pertengahan ujung bagian bawah tulang dada dengan pusar, tekan selama 30 hitungan.

Halaman Selanjutnya
img_title