Cara Ampuh Cegah Kolesterol Tinggi Selama Momen Hari Raya Idul Fitri

Wisata Kuliner Jember
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Hari Raya Idul Fitri identik dengan aneka hidangan, mulai dari makanan ringan hingga berat. Momen ini juga menjadi kesempatan baik untuk berkumpul bersama keluarga dan kolega sembari menikmati aneka hidangan tersebut. Dengan demikian, jalinan silaturahmi pun makin kuat. 

Ingin Lancar Menyusui? Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Jaga Kualitas ASI

Namun terlepas dari hal itu, diperlukan kehati-hatian dalam mengonsumsi ragam hidangan yang disajikan selama momen lebaran itu. Sebab, makanan yang berlemak bisa meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Hingga akhirnya membawa dampak negatif bagi kesehatan.

Kolesterol tinggi sudah merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pasca-Lebaran. dr. Abi Noya menekankan, "Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penting untuk diperhatikan karena berkaitan langsung dengan peningkatan risiko terjadinya plak di dalam pembuluh darah, penyebab utama penyumbatan pembuluh darah. Kondisi tersebut berpotensi mengakibatkan serangan jantung atau stroke. Jadi, penting bagi kita untuk mengendalikan kadar kolesterol terutama pada masa liburan yang mungkin diisi dengan makanan yang tidak sehat."

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Lebih jauh dr. Abi menjelaskan bahwa selain pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik selama liburan Lebaran juga dapat menambah pada masalah kolesterol tinggi. Ketika pola makan yang kaya lemak dan kolesterol bertemu dengan gaya hidup yang minim gerakan, risiko kesehatan meningkat secara signifikan.

Kurangnya aktivitas fisik tidak hanya menghambat metabolisme tubuh dalam mengelola lemak, tetapi juga berkontribusi pada penumpukan kolesterol jahat dalam pembuluh darah. Inilah yang kemudian membuka pintu bagi berbagai penyakit kardiovaskular.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Tips Cegah Kolesterol Tinggi

Bagaimana cara mencegah kolesterol tinggi sambil merayakan Lebaran? Dr. Abi memberikan beberapa tips: 

Halaman Selanjutnya
img_title