Hobi yang Ditekuni, Pembudi Daya Anggrek di Jombang Raup Cuan Puluhan Juta Rupiah Perbulan

Ahmad Basori saat melakukan perawatan Anggrek miliknya
Sumber :
  • Muhammad Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim – Pembudi daya tanaman hias di Desa Kayangan, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur sukses meraup cuan hingga puluhan juta dari hasil budi daya bunga anggrek. Padahal awalnya budi daya itu hanya sekedar hobi.

Ambulans Angkut 8 Penumpang Alami Kecelakaan di Tulungagung, 3 Luka-luka

Pembudi daya anggrek itu adalah Ahmad Basori (37). Pria yang kerap di sapa Ahmad itu kini telah mengelola green house dengan koleksi bunga anggrek dan juga jenis tanaman lainnya. 

"Ide awal membudidayakan bunga anggrek ini berawal dari hobi. Kemudian saya mengembangkan di lahan seluas kurang lebih 200 meter persegi ini," ujarnya pada Sabtu, 14 Januari 2023. 

Dugaan Perampokan di Perum PPS Suci Gresik, Polisi Periksa Saksi

Ahmad menjelaskan membudidayakan anggrek membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Adapun jenis tanaman yang dibudidayakan antara lain anggrek dendrobium, vanda, cattleya, dan bulan.

Sedangkan untuk harga, terang Ahmad, ia mematok tarif mulai Rp 20 ribu hingga jutaan. Bahkan anggrek-anggrek milik Ahmad telah terdistribusi ke sejumlah kota di Indonesia seperti Mojokerto, Malang, Kota Batu, Madiun serta Semarang.

Satlantas Polres Lamongan Klaim Angka Kecelakaan Minim di Jalur Mudik Lebaran

"Bunga anggrek hasil budi daya ini saya kirim ke sejumlah penjual bunga di sejumlah kota di Indonesia. Untuk keuntungan per bulan bisa mencapai jutaan rupiah," beber Ahmad.

Syaiful Arif, salah satu pembeli mengaku dirinya rela datang ke green house milik Ahmad karena memang menyukai anggrek sejak dulu. Menurutnya, selain cantik, bunga anggrek sangat cocok ditaruh di halaman bahkan dalam rumah.

Halaman Selanjutnya
img_title