Semakin Diminati Mancanegara, Begini Cerita Batik Kembang Turi Blitar

Batik Kampung Turi
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Jatim Viva

Jatim –Setiap daerah memiliki ciri khas lokal yang menjadi daya tarik tersendiri. Potensi Batik Kembang Turi Kota Blitar salah satunya menjadi daya tarik lokal maupun mancanegara.

Keren, TPQ Albata Surabaya Jadi Rujukan Siswa Mancanegara

Ketua Gallery Batik Kembang Turi, Parianto mengungkapkan, pendapatan keseluruhan di tahun 2022 mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2021. Setidaknya, dari catatannya, Batik Kembang Turi Kota Blitar tahun 2022 kemarin mengalami peningkatan sebesar 40 persen. 

"Pada tahun 2021 Gallery Batik Kembang Turi berhasil memperoleh sekitar Rp180 juta, tahun 2022 kemarin tembus menjadi Rp260 juta," ungkap Parianto, Kamis 26 Januari 2023.

Usai Ikuti Pelatihan dari Santri Ganjar, Emak-emak di Surabaya Ingin Usaha Batik

Menurutnya, kenaikan ini berkat kerja keras semua pihak, termasuk ramainya pesanan yang masuk. Ribuan lembar batik sudah berhasil ia kirimkan, mulai dari dalam kota, luar kota dalam provinsi, luar provinsi hingga luar negeri.

Antok menjelaskan, pada tahun 2023 ini akan memperluas area Gallery Batik Kembang Turi. Adanya pelebaran lokasi ini dikarenakan mulai ramainya pesanan. Terlebih Batik Kembang Turi bukan hanya menerima pesanan saja, tetapi juga menerima wisata edukasi dengan praktik membatik di lokasi untuk pengunjung.

5 Langkah Mudah Tampil Memukau dengan Pakaian Batik, Jadi Lebih Pede

"Kita gunakan untuk pengembangan SDM, anggota, terus juga sewa Gallery, perluasan, beli berbagai keperluan dan lainnya," bebernya.

Lebih lanjut Parianto mengaku saat ini tengah mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk studi banding yang akan dilakukan satu kelompok asal Amerika Serikat tahun ini.

Halaman Selanjutnya
img_title