5 Langkah Strategis Kembangkan UMKM, Enggak bakal Gulung Tikar!

Bupati Sumenep bersama anak yatim belanja di Stand UMKM
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim – Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mulai diganderungi banyak pihak. Pasalnya, membangun usaha UMKM, tidak begitu membutuhkan modal besar, namun mampu meraup keuntungan yang bisa mencukupi kebutuhan hidup.

Serunya Ngabuburit di Tugu Pahlawan: Ada Kuliner, Hiburan hingga Pasar Murah

Kendati demikian. Tak jarang dari mereka yang mengelola UMKM memiliki tantangan tersendiri dalam mengembangkannya. Ancaman merosot dan gulung tikar tak terelakkan bila hal demikian terjadi.

Seiring perkembangan zaman UMKM tidak bisa hanya berpatok pada bisnis offline atau retail saja namun harus merambah kepada dunia Digital. UMKM juga harus bisa bersaing di dunia digital sehingga bisa lebih memaksimalkan usahanya agar bisa lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Scroll selanjutnya ya.

Mulailah Catat Keuangan Bisnis UMKM Anda Selama Ramadan 2024

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan. Salah satunya, mencari mereka yang berpengalaman dan mendukung UMKM. Ada beberapa alasan mengapa mencari dari mereka yang lebih berpengalaman. Berikut beberapa di antaranya:

Memiliki tim khusus 

Tingkatkan Ekonomi Inklusif, StatsMe Bertekad Berdayakan UMKM Sektor Kuliner

Mereka menjaga standar harga jual agar tidak terjadi persaingan harga antar sesama penjual, karena terdapat sanksi jika terdapat penjual melakukan kecurangan dengan menurunkan standar harga jual yang telah ditetapkan. Salah satunya melalui Master Online Community.

Mendapatkan profit produk yang Besar

Halaman Selanjutnya
img_title