Asam Lambung Naik saat Puasa? Jangan Khawatir, Ini Solusinya

Asam Lambung
Sumber :
  • Sora Shimazaki/Pexel

Jatim – Tidak kurang dari satu Minggu, Bulan Suci Ramadan akan segera datang. Momentum tahunan yang amat dinanti-nanti. Namun, di tengah kebahagiaan menjalani puasa, ada salah satu penyakit yang sering dialami saat puasa yaitu naiknya asam lambung

Atasi Radang Tenggorokan dengan 5 Minuman Alami Ini, Puasa Dijamin Lancar!

Dilansir dari VIVA, bahwa hal ini bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi saat berbuka atau sahur, apalagi, selama hampir satu hari, perut kita akan kosong.

Selain mengonsumsi obat yang bisa menurunkan asam lambung, berikut beberapa tips alami untuk mencegah asam lambung saat puasa:

Nuzulul Quran, Pj Gubernur Jatim Ajak Gemar Tadarus hingga Bagikan Umrah Gratis

Pilih makanan yang tepat saat berbuka: Hindari makanan pedas, berlemak, atau asam saat berbuka puasa karena makanan ini dapat meningkatkan produksi asam lambung. Sebaiknya pilih makanan yang ringan dan mudah dicerna seperti buah-buahan segar, sayuran, dan protein rendah lemak.

Hindari minuman yang dapat meningkatkan asam lambung: Beberapa minuman seperti kopi, teh, soda, dan minuman beralkohol dapat meningkatkan produksi asam lambung. Sebaiknya hindari minuman ini saat puasa dan pilih air putih atau jus buah segar.

Telkomsel Bangun 154 Posko Siaga Rafi 2024, Jamin Aksesibilitas Layanan Pelanggan

Makan secara perlahan: Saat berbuka puasa, sebaiknya makan secara perlahan dan mengunyah makanan dengan baik untuk membantu pencernaan. Hindari makan terburu-buru atau terlalu banyak secara sekaligus.

Makanan dengan cepat dapat menyebabkan asam lambung naik karena proses pencernaan dimulai di mulut. Saat kita makan, makanan dicerna oleh enzim-enzim yang dihasilkan oleh kelenjar air liur di mulut. Enzim-enzim ini membantu memecah makanan menjadi partikel-partikel yang lebih kecil sehingga dapat dicerna lebih mudah oleh lambung dan usus.

Halaman Selanjutnya
img_title