Bunda, Ini Dia Cara Mudah Ajari Anak Puasa Ramadan Tanpa Dipaksa

Ilustrasi anak sehat
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Menjalankan ibadah puasa Ramadan tidaklah selesai hanya di urusan diri sendiri saja. Lebih dari itu, khususnya orangtua juga berkewajiban mengajari anak-anaknya berpuasa. Sehingga kewajiban orangtua mendidik anak dapat dijalankan dengan baik.

Atasi Radang Tenggorokan dengan 5 Minuman Alami Ini, Puasa Dijamin Lancar!

Mendidik anak agar terbiasa menjalankan ibadah akan berdampak terhadap masa depannya. Siapa sih bunda yang tak ingin anaknya menjadi anak shaleh dan shalehah yang berbakti kepada orangtua serta taat kepada agamanya? Tentu ini menjadi harapan semua keluarga.

Islam juga mengajarkan kita untuk mendidik, membimbing dan membina anak-anak kita untuk beribadah. Karena itu, pendidikan dan pengalaman serta ilmu agamanya juga harus dimulai dari keluarga.

Nuzulul Quran, Pj Gubernur Jatim Ajak Gemar Tadarus hingga Bagikan Umrah Gratis

Namun demikian, terkadang, keinginan serta harapan orangtua agar anaknya menjadi anak shaleh shalehah dipraktikkan dengan cara-cara yang keliru. Misalnya cenderung memaksa anak melakukan puasa atau ibadah lainnya. Ketika mereka sering dipaksa, maka akan berpengaruh terhadap psikis dan karakter si anak.

Untuk itu, berikut ini kiat sukses mengajari anak berpuasa Ramadan tanpa harus memaksa mereka. Dirangkum Viva Jatim dari berbagai sumber:

Telkomsel Bangun 154 Posko Siaga Rafi 2024, Jamin Aksesibilitas Layanan Pelanggan

Berikan pemahaman yang benar tentang puasa

Sebelum anak memulai puasa, pastikan ia sudah memahami makna dan hikmah dari puasa itu sendiri. Jelaskan bahwa puasa adalah salah satu kewajiban sebagai umat muslim, sebagai bentuk pengorbanan dan taqwa kepada Allah, serta sebagai sarana untuk membersihkan diri dari dosa-dosa.

Halaman Selanjutnya
img_title