Lemon Ginger Cooler, Minuman Herbal Pelepas Dahaga saat Puasa

Lemon Ginger Cooler
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Salah satu aneka minuman yang dicari-cari untuk menemani buka puasa adalah minuman herbal. Selain bisa menyehatkan tubuh, minuman herbal juga ampun melepas dahaga setelah seharian menjalani puasa. Bicara soal rempah-rempah herbal, Indonesia tentu sangat mudah ditemukan.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Pakar herbal dr Rianti Maharani menuturkan bahwa rempah di Indonesia sangat beragam dan yang paling mudah dijumpai adalah jahe. Menurutnya, buka puasa sangat tepat dengan memilih jahe dibanding bahan lainnya yang tidak alami dan belum tentu sehat.

"Jahe aman untuk dikonsumsi saat perut kosong. Jahe ketika diminum akan ada enzim-enzim untuk pencernaan," ujarnya dalam Hidup Sehat tvOne, dilansir dari VIVA pada Rabu, 5 Maret 2023.

Usai Puasa dan Lebaran, Waktunya Cobain Gaya Seks Baru!

Selain itu, jahe sudah terbukti memiliki zat aktif yang bekerja sebagai anti radang sehingga mampu mencegah masalah di tenggorokan atau pun sistem pencernaan. Namun perlu dicatat bahwa bagi pemilik atau riwayat GERD atau asam lambung, sebaiknya tidak mengonsumsinya langsung saat perut kosong.

"Ketika diminum akan timbul anti radang sehingga saat ada masalah di pencernaan akan aman. Banyak penelitian kalau konsumsi jahe bisa saat perut kosong dengan catatan tidak ada riwayat GERD," tuturnya.

Rahasia Menurunkan Berat Badan dengan Makanan, Simak Resepnya!

Rempah lainnya yang jadi bahan utama untuk resep herbal ini adalah lemon. Sudah diketahui banyak orang bahwa lemon mengandung vitamin C yang baik untuk memangkas lemak-lemak jahat di tubuh. Namun perlu dicatat pula agar penyandang asam lambung atau GERD tidak mengonsumsinya saat perut kosong.

"Lemon bisa untuk turunkan kolesterol. Studi preklinis ternyata lemon yang difermentasi bisa kurangi obesitas dengan cara metabolisme lipid dan bisa tingkatkan mikrobiota usus. Tetap dengan pola makan tepat. Hati-hati untuk penderita asam lambung, harus makan dulu," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title