Liburan Berakhir, Berikut Tips Atasi Malas Kerja

Ilustrasi lemas dan malas
Sumber :
  • Viva

Jatim – Masa liburan pasca lebaran sudah berakhir. Orang berbondong-bondong kembali ke tempat kerja untuk melakukan aktifitas seperti biasanya. Akan tetapi tingkat kepuasa seseorang berbeda-beda. Nah, orang yang belum merasa puas dengan liburan akan merasakan efek bermalas-malasan.

Polda Jatim Periksa 21 Saksi Kasus TPPU yang Seret Ahli Nuklir UGM

Fenomena ini, menurut Psokologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Novi Pespita Candra dikenal dengan Holiday Paradox.  

“Habis libur panjang, tetapi merasa masa liburannya berlangsung singkat yang membuat orang tidak siap kembali masuk kerja/sekolah usai berlibur dan menjadikan aras-arasen (red-enggan beraktivitas kembali),” jelas Psikolog UGM, T. Novi Poespita Candra, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psikolog., dalam keterangan resminya, dikutip dari VIVA Minggu, 30 April 2023. 

Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

Menurutnya, ada enam tips yang bisa dilakukan agar kembali produktif usai libur panjang. Tips yang pertama yaitu membangun suasana baru untuk memberikan semangat bagi diri sendiri. Seperti contoh, mengubah suasana meja kerja di kantor, mengubah style berpakaian dan lainnya.

Tips yang kedua, bertemu dengan teman kantor, misal melalui halal bihalal ini bisa menjadi tempat untuk saling bersosialisasi kembali, transisi dari liburan menuju aktivitas semula. 

Bahaya Flu Singapura Mengintai Selama Libur Lebaran, Begini Cara Cegahnya

Tips yang ketiga yaitu menyusun rencana baru. Setelah menjalani liburan perlu untuk menyusun kembali rencana baru kedepan dan membenahi hal-hal yang belum sesuai sehingga saat memulai aktivitas bisa lebih semangat.

Keempat, mengingat kembali tujuan hidup. Dengan mengingat dan memantapkan kembali tujuan hidup baik kerja maupun sekolah bisa membangkitkan lagi semangat untuk memulai rutinitas.

Halaman Selanjutnya
img_title