Alasan Manusia Ingin Minum Minuman Manis saat Cuaca Panas

Ilustrasi Minuman manis
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim –Saat cuaca panas, beberapa dari kamu mungkin cenderung akan mencari minuman manis untuk meredakan dahaga. Padahal sebenarnya dengan minum air putih yang cukup pun rasa haus sudah bisa terobati. Apalagi cuaca saat ini yang sedang pancaroba. 

Kemenkumham Jatim Lepas 44 Taruna Poltekip Lakukan Penelitian di 18 UPT Pemasyarakatan

Sebuah kajian di tahun 2019 terhadap kebiasaan konsumsi rumah tangga di Meskiko jadi salah satu bukti bahwa orang minum minuman manis saat cuaca panas. Studi yang dilakukan terhadap 85.000 rumah tangga Meksiko menunjukkan bahwa orang yang lebih menyukai rasa minuman manis merasa jauh lebih sulit untuk menahan godaan saat cuaca panas meningkat.

Hasil penelitian menunjukkan pula konsumsi soda dan jus pada orang Meksiko meningkat sebesar 20 persen dalam beberapa minggu saat suhu harian naik di atas 32 derajat Celcius.

Penjelasan Ilmiah soal Wanita Lebih Cepat Dewasa Dibanding Pria

Rasa ingin minum manis Dikutip dari SBS, Jumat, 28 April 2023, praktisi diet terakreditasi di Cancer Council SA, Karissa Deutrom menjelaskan semua manusia memiliki preferensi bawaan untuk rasa manis yang akan meningkat di hari yang panas di tambah lagi ada kebutuhan manusia untuk rehidrasi saat cuaca panas.

"Kami terprogram untuk menginginkan rasa manis. Itu karena tubuh menggunakan gula (glukosa) untuk energi. Dalam cuaca yang sangat panas, Anda bisa merasa sangat lesu dan sangat membutuhkan energi. Ini sebabnya beberapa orang memilih minuman manis meski secara fisiologis tidak ada alasan mengapa kita harus minum minuman manis," terangnya. 

Pacu Riset Dosen di Perguruan Tinggi Islam, Dana Puluhan Miliar Digelontorkan Kemenag

Deutrom juga menjelaskan ada aspek perasaan senang saat minum minuman manis sehingga membuat orang cenderung memilihnya dibandingkan air biasa.

"Ada juga aspek perasaan senangnya. Kita tahu bahwa minum minuman manis membuat otak kita terkena dopamin, hormon perasaan senang yang membuat kita makin menginginkannya," terang Deutrom.

Halaman Selanjutnya
img_title