Asem-asem Kambing Ngluyu, Kuliner di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi

Menikmati Lezatnya Asem-asem Kambing Ngluyu Nganjuk.
Sumber :
  • Haafidh Nur SY/Viva Jatim

Jatim –Jika Anda mengunjungi Kabupaten Nganjuk, jangan lupa untuk mencicipi salah satu kuliner khas daerah tersebut yaitu Asem-asem Kambing yang terletak di ujung utara Kabupaten Nganjuk yakni Kecamatan Ngluyu.

6 Rekomendasi Kuliner Khas Nganjuk, Ada Nasi Becek Hingga Sego Banting

Tak hanya masyarakat Nganjuk, makanan ini juga populer di lidah masyarakat Jawa Timur. Tak heran Asem-asem Kambing Ngluyu selalu menjadi jujugan wajib para wisatawan yang hendak berkunjung ke Kota Angin.

Nama Asem-asem Kambing berasal dari bahan utama berupa daging kambing dan kuah santan. Ketika menyantap hidangan satu ini, pengunjung akan mendapat cita rasa pedas cabai dan asem dari daun kedondong. Jadi tidak heran jika penikmat makanan  ini kebanyakan adalah orang yang menyukai rasa pedas.

4 Wisata Nganjuk yang Populer, Cocok Buat Melepas Penat Bareng Keluarga

Salah satu warung yang menyajikan Asem-asem Kambing adalah Warung Bu Harsuni yang terletak di Desa Gampang, Kecamatan Ngluyu. Tempat ini sudah terkenal di banyak kalangan baik dari masyarakat pedesaan hingga pejabat.

Pemilik warung yang berdiri sekitar tahun 2000-an ini, sengaja memasak asem-asem dengan cara tradisional memakai tungku api berbahan bakar kayu. Hal itu ternyata menjadi salah satu sumber kelezatan yang bikin lidah bergoyang.

TP PKK Kediri Dorong Peran DWP Cetak Kualitas Pendidikan Generasi Bangsa

“Asem-asem adalah makan khas dari generasi ke generasi, dan saya ini generasi yang keempat,” terang Harsuni kepada Viva, Senin , 1 Mei 2023.

Kekhasan lainnya adalah, Asem-asem Kambing sering dijadikan hidangan untuk tamu dan bekal mengunjungi sanak famili yang ada di luar kota guna mengobati rasa rindu kampung halaman karena memang jarang yang menjualnya.

Halaman Selanjutnya
img_title