Keren, Indonesia bakal Pakai Lampu Lalu Lintas Berbasis Kecerdasan Buatan

Ilustrasi lampu lalu lintas
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Inovasi di bidang teknologi terus ditumbuhkembangkan oleh berbagai negara di dunia. Tak terkecuali di Indonesia sebagai salah satu negara yang tengah serius menggarap infrastruktur berbasis teknologi. Tak lama lagi, di republik ini akan ada sistem lalu lintas berbasis kecerdasan buatan.

Arosbaya Bangkalan dan Sampang Terendam Banjir, Lalu Lintas Lumpuh

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bakal dijadikan proyek strategis PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk. Seolah ia semakin membuktikan peran pentingnya sebagai smart city enabler di Indonesia.

Dikutip dari VIVA, Selasa, 9 Mei 2023, proyek bernama Intelligent Traffic Control System (ITCS) itu dibuat untuk membantu mengurai kemacetan di persimpangan lampu merah. Pilot project ini akan diimplementasikan di beberapa kota besar di Indonesia.

Pengendara Motor Meninggal Tertimpa Pohon Tumbang di Trenggalek

Perbedaan utama antara ITS Traffic Light yang sudah ada dengan ITCS dari PT TKDN adalah penerapan AI Digital Twinning 3D Generasi ke-5.

Sistem ini mampu mendeteksi penumpukan kendaraan saat terjadi antrean di lampu merah, dan menyesuaikan lampu lalu lintas sesuai dengan padatnya arus kendaraan di setiap ruas jalan. Dengan begitu, penumpukan kendaraan di lampu merah selanjutnya dapat dihindari.

Laka Lantas di Depan Mapolda Jatim Surabaya, Korban Terkapar Tak Sadarkan Diri

Teknologi ITCS memiliki beberapa fitur yang dapat membantu meminimalkan kemacetan lalu lintas. Yang pertama adalah Self Adjustment Time, di mana sistem akan bekerja secara real-time dengan memonitor tiap persimpangan.

Kamera yang dipasang akan menginformasikan kepada sistem kontrol mengenai kondisi lalu lintas secara real-time. Kemudian, setiap lima detik, sistem kontrol otomatis akan menganalisis apakah diperlukan penyesuaian aktivitas lampu lalu lintas sehingga output yang diberikan dapat lebih optimal berdasarkan kondisi persimpangan.

Halaman Selanjutnya
img_title