Menengok Kebun Raya Mangrove di Surabaya yang akan Diresmikan Megawati

Suasana Kebun Raya Mangrove di Surabaya.
Sumber :
  • Humas Pemkot Surabaya

Surabaya, VIVA Jatim – Pemerintah Kota Surabaya bakal meresmikan Kebun Raya Mangrove yang berada di pesisir Kecamatan Gunung Anyar pada Rabu, 26 Juli 2023 besok. Diklaim sebagai yang pertama di Indonesia, peresmian Kebun Raya Mangrove tersebut akan dihadiri oleh Megawati Soekarnoputri, Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan.

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

Sebagai persiapan, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengecek Kebun Raya Mangrove pada Senin kemarin. Dia melihat kondisi mangrove sekaligus segala perangkat acara peresmian agar berjalan lancar dan sukses. Dia tak ingin kegiatan tersebut ada kendala apalagi acara tersebut bertepatan dengan Hari Mangrove Internasional.  

Eri menjelaskan, Kebun Raya Mangrove Surabaya melingkupi tiga kawasan. Yakni Mangrove Wonorejo, Mangrove Medokan Sawah, dan Mangrove Gunung Anyar dengan luas total mencapai 27 hektare. Di sini, terdapat 57 spesies tanaman dan tiga jenis baru lainnya tengah dieksplorasi.

Begini Cara Pemkot Surabaya Wujudkan PPDB SMPN 2024 Lebih Berkeadilan

"Kalaupun ada mangrove jenis lain yang di tempat lain tidak ada di sini, kita akan minta bibitnya, kita taruh di sini. Sehingga kebun raya ini semakin sempurna dengan semua jenis mangrove yang ada di Indonesia dan luar negeri juga,” kata Eri dalam keterangan tertulis dikutip VIVA Jatim, Selasa, 25 Juli 2023.

Kebun Raya Mangrove Surabaya telah dilengkapi sejumlah fasilitas dan wahana permainan. Seperti sentra kuliner UMKM, wahana perahu, Jet Ski hingga ATV (All Terrain Vehicle). Setelah diresmikan, kebun raya ini akan dibuka untuk masyarakat umum. 

Ribuan Wisatawan Serbu Kebun Raya Mangrove Surabaya Selama Libur Lebaran 2024

"Jadi, ketika masuk [ke Kebun Raya Mangrove] ada tiket, akan ada naik perahu, naik ATV dan makan (kuliner),” ujar Eri.

Dia menjelaskan, keberadaan Kebun Raya Mangrove selain menjadi tempat edukasi dan pariwisata, juga memiliki manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Konsep ekonomi yang diusung nantinya akan sama seperti Romokalisari Adventure Land.

Halaman Selanjutnya
img_title