Normalkah Usia 30-an Sudah Kena Nyeri Sendi?

Ilustrasi Nyeri Sendi
Sumber :
  • CNN

Surabaya, VIVA JatimNyeri sendi adalah masalah kesehatan yang umum terjadi di kalangan orangtua, namun tidak jarang juga dialami oleh orang yang berusia lebih muda. 

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia pada tahun 2017, prevalensi penyakit nyeri sendi di Indonesia berdasarkan diagnosa tenaga kesehatan adalah sebesar 11,9 persen. Sementara berdasarkan diagnosis atau gejala mencapai 24,7 persen. Scroll untuk info selengkapnya.

Meskipun nyeri sendi pada usia 30 tahun tidak dianggap sebagai kondisi normal, namun beberapa faktor seperti gaya hidup dan olahraga high-impact (seperti lari, sepeda, basket, dan lain-lain) dapat menyebabkan nyeri sendi pada usia tersebut. Di usia muda, nyeri sendi mungkin hilang timbul tetapi efek panjangnya perlu diwaspadai.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

"Demand-nya saya lihat meningkat ya (produk nyeri sendi), sejak pandemi banyak yang mulai rajin olahraga, bergerak bareng komunitas lari atau sepeda," ujar Fernando, S.T., M.Sc. praktisi herbal yang ikut menyoroti meningkatnya prevalensi penyakit nyeri sendi di Indonesia, dikutip dari keterangannya, Kamis 10 Agustus 2023.

Jika mengalami nyeri sendi pada usia muda, penting untuk mencari penanganan yang tepat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Mencapai Berat Badan Ideal Salah satu yang mengakibatkan nyeri sendi adalah beban tubuh berlebih yang membuat persendian terkikis selama menopang tubuh kita. Berikut cara menghitung BB ideal untuk laki-laki dan wanita: 

- Pria: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) - 100] - [(tinggi badan (cm) - 100) x 10%] - Wanita: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) - 100] - [(tinggi badan (cm) - 100) x 15%]

Halaman Selanjutnya
img_title